Penyebab Virus Herpes Menjangkit Kulit Diklasifikasikan Berdasarkan Jenis

Penyebab Virus Herpes - Herpes merupakan salah satu penyakit yang menyerang kulit. Penyakit ini sebenarnya tidak berbahaya dan tidak menyebabkan kematian. Tapi penyakit kulit ini sangat mengganggu baik penampilan ataupun kenyamanan pada badan. Penyebab utama herpes adalah virus varicella yang berkembang biak di kulit. Penyebab virus herpes yang menjangkit pada kulit di petakan menjadi dua. Keduanya menyerang bagian kulit yang berbeda dan penyebab virusnya juga berbeda. Cara penularan dari kedua jenis herpes ini juga berbeda. Berikut akan dijelaskan secara detail apa virus yang menyebabkan, bagaimana cara penularannya dan juga gejalanya.
Penyebab Virus Herpes
Baca juga: Penyebab Vitiligo

1.     Herpes Genetalis
Sesuai dengan namanya genetalis, penyakit herpes ini menjangkit kulit bagian tubuh yang sangat sensitif dan vital yaitu kulit pada bagian kemaluan atau alat vital. Penyebab virus herpes genetalis ini adalah virus herpes simplek. Virus ini menyerang bagian kemaluan dan juga area sekitar kemaluan. Selai menyerang daerah kemaluan virus ini juga menyerang pada bagian kulit tubuh yang lembab. Selain karena virus, herpes genetalis ini juga disebabkan karena adanya peradangan yang terjadi pada kulit di sekitar kemaluan. Gejala yang timbul yaitu munculnya ruam merah dan terasa gatal pada area kemaluan. Penularan virus ini disebabkan karena gaya hidup seks bebas dan sering berganti pasangan.

2.     Herpes Zortes
Jenis penyakit kulit herpes yang selanjutnya yaitu herpes zortes. Herpes zortes ini berbeda dengan herpes genetalis. Penyebab virus herpes zortes adalah cericella zoster. Berbeda dengan yang sebelumnya penyakit herpes zortes ini tidak menyerang area kemaluan dan kulit lembab tapi menyerang kulit yang terbuka. Misalnya pada bagian punggung, dada, tangan dan organ terbuka lainnya. Virus ini menyebar karena kontak fisik secara langsung dengan penderita. Herpes zortes juga bisa menular karena berciuman, terkena langsung kulit yang terkena herpes, keringat, dan kontak langsung lainnya. Gejala pada herpes ini juga sama dengan herpes genetalis yaitu muncul ruam atau bintik merah yang gatal pada bagian tubuh yang terbuka.

Penyebab virus herpes menyebar dengan cepat ke seluruh tubuh ternyata akibat dari kebiasaan kita sendiri. Oleh karena itu, menjaga kesehatan kulit terutama pada bagian kulit yang sensitif merupakan hal yang wajib. Mungkin tidak berbahaya dan tidak menyebabkan kematian tapi jika tidak diobati virus herpes dapat menjalar ke seluruh tubuh dan menjadikan kulit merah dan tidak bagus untuk dipandang. Segera obati jika tanda atau gejala herpes mulai terlihat.

Mengobati penyebab virus herpes yang sudah menyebar pada tubuh bisa dilakukan dengan berbagai cara. Cara yang paling ampuh yaitu dengan jangan sering menggaruknya. Jika sering digaruk, maka akan cepat menyebar pada seluruh tubuh. Jika herpes sudah menjalar pada tubuh sebaiknya segera periksakan pada dokter. Yang lebih mudah adalah mencegah agar herpes tidak kembali datang bisa dicegah dengan cara hidup sehat dan selalu menjaga kebersihan kulit.