Penyebab Virus Mers dan Gejalanya

Penyebab Virus Mers - Penyakit Mers merupakan suatu penyakit yang diakibatkan oleh virus. Penyakit ini sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan kematian pada si penderita. Sehingga dengan mengetahui penyebab virus Mers dan gejala-gejala awalnya sangat diperlukan. Kata Mers sendiri memiliki kepanjangan Middle Eastern Respiratory Syndrome.  Penyakit ini disebabkan oleh virus COV (Corona Virus), virus tersebut memiliki ciri di bagian permukaan tubuhnya diselimuti dengan struktur yang mirip dengan mahkota. Virus Mers CoV baru dikenali pertama kali pada tahun 2012 di Negara Arab Saudi. Virus ini berbeda sekali dengan coronavirus yang telah ditemukan sebelumnya. Virus tersebut yang menyebabkan SARS pada tahun 2002 hingga 2003, dimana virus tersebut sangat berbahaya dan sudah mewabah hingga 8273 kasus dan 775 meninggal dunia.
Penyebab Virus Mers
Baca juga : Penyebab uban

Penularan penyebab virus Mers pada umumnya yaitu melalui kontak dengan penderita dalam jarak yang dekat dan waktu yang cukup lama. Bahaya terkena virus Mers karena belum ditemukan obatnya hingga saat ini. Untuk Pengobatannya hanya dengan mengurangi gejala-gejala virus tersebut yang timbul pada penderita. Sedangkan asal virus Mers sendiri juga belum diketahui secara jelas, tetapi diperkirakan berasal dari unta. Meskipun sudah diteliti dari sebagian penderita yang terkena virus Mers tidak kontak langsung dengan unta. Adanya virus Mers memang membuat panik beberapa negara di belahan dunia dan sangat dikhawatirkan.

Gejala awal yang dapat diketahui dari penyebab virus Mers yaitu mengalami demam, napas terasa lebih pendek dan juga mengalami batuk. Karena virus Mers berkembang dengan masuk ke dalam saluran pernapasan manusia. Biasa seseorang yang terjangkit dengan virus ini akan mengalami demam tinggi yang dapat mencapai 38 derajat celsius ke atas. Sedangkan batuk-batuk yang dialami juga disertai dengan bersin-bersin secara berkelanjutan. Selain gejala diatas, biasanya penderita juga akan mengalami sakit pada bagian dada yang disertai rasa nyeri. Apabila mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera periksa ke dokter. Supaya gejala-gejala yang dialami dapat segera ditangani dan dicegah dan tidak merusak jaringan tubuh pada penderita.

Seseorang yang terkena virus ini akan mengalami penurunan berat badan secara drastis, sehingga sangat diperlukan untuk mengkonsumsi makan-makanan yang bergizi untuk menambah berat badannya. Apabila penyebab virus Mers sudah diketahui, sebaiknya untuk perawatannya harus dengan penanganan dokter yang ahli agar dapat mengurangi gejala-gejala tersebut. Sedangkan untuk menghindari virus ini, sebaiknya untuk menghindari kontak langsung dengan penderita. Selain itu, menerapkan pola hidup sehat dengan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan merupakan cara yang paling tepat. Membiasakan sering mencuci tangan menggunakan sabun anti septik dapat dilakukan untuk menghindari terkena virus tersebut.

Saran hidup sehat untuk melindungi diri dari penyebab virus Mers dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain:
  • Menutup mulut dan hidung ketika mengalami bersin atau batuk dengan menggunakan tisu, kemudian buanglah tisu tersebut pada tempat sampah.
  • Hindari untuk menyentuh mata, mulut dan hidung ketika tangan dalam keadaan kotor atau belum mencuci tangan.
  • Membiasakan hidup bersih dengan menghindari penggunaan alat makan maupun minum bersama dengan orang lain. Hal itu untuk menghindari resiko penularan jika orang lain terkena virus Mers.