Gejala dan Penyebab Anyang-anyangan

Penyebab Anyang-anyangan - Sakit anyang-anyangan adalah salah satu penyakit yang menyerang saluran kemih. Ciri kandung kemih yang sehat adalah dapat mengeluarkan urine atau sisa metabolisme dengan teratur dan juga bebas akan bakteri. Jika urine yang dikeluarkan telah terinfeksi oleh bakteri dapat menyebabkan berbagai penyakit salah satunya adalah sakit anyang-anyangan. Kasus anyang-anyangan memang lebih sering ditemukan pada wanita dibandingkan pada laki-laki karena faktor anatomi dari tubuh. Namun, ternyata sakit anyang-anyangan tidak hanya pada wanita dan laki-laki dapat pula menyerang ibu hamil. Gejala dan juga faktor penyebab anyang-anyangan dapat Anda simak dalam info berikut.
Penyebab Anyang-anyangan
Baca Juga :  Penyebab Amandel

Faktor Penyebab Anyang-anyangan
Faktor utama penyebab anyang-anyangan adalah masuknya bakteri yang disebut dengan escherschia pada saluran kencing sehingga mengakibatkan terjadinya infeksi pada saluran kencing. Jika saluran kencing telah terinfeksi oleh bakteri ini pada akhirnya akan mengakibatkan infeksi pada saluran kemih dan menimbulkan segala gejala yang Anda rasakan pada saat sakit anyang-anyangan. Bakteri ini dapat berasal dari anus yang kemudian masuk ke dalam saluran kencing. Oleh sebab itu, mengapa kebanyakan kasus anyangan-anyangan terjadi pada wanita keran saluran kencing wanita berada sangat dekat dengan anus.
Secara garis besar infeksi saluran kemih terbagi menjadi 2 yaitu berdasarkan faktor anatomi dan juga berdasarkan faktor klinis. Faktor berdasarkan anatomi ini dibagi atas infeksi saluran kemih bawah antara lain uritritis, prostatic, dan juga sistitis atau infeksi superfisialis vesika urinaria, sedangkan untuk atas meliputi pyelonephritis atau prosesi inflamasi parenkim ginjal dan absen ginjal. Sedangkan berdasarkan klinis dibagi menjadi 2. Faktor tanpa komplikasi misalnya yang terjadi pada wanita hamil karena adanya sistitis. Sedangkan penyebab anyang-anyangan dengan komplikasi contohnya adalah kasus infeksi pada saluran kemih pada wanita hamil.

Gejala Anyang-anyangan
Ada beberapa gejala sakit anyang-anyangan yang bisa Anda deteksi di rumah. Mengingat penyebab anyang-anyangan ini adalah infeksi pada saluran kemih, penderita biasanya akan merasakan sakit atau nyeri pada bagian bawah perut dekat tulang kemaluan Anda. Selain itu, Anda juga terkadang akan merasakan nyeri atau sakit ketika Anda sedang akan buang air kecil. Atau gejala yang mudah untuk dideteksi adalah Anda akan sering merasakan ingin buang air kecil atau berkemih dengan intensitas yang sangat sering. Namun, ketika Anda berkemih urine yang dikeluarkan hanya menetes atau bahkan tidak ada.
Selain itu masih ada beberapa gejala anyang-anyangan berdasarkan penyebab anyang-anyangan secara klinis maupun anatomi. Gejala ini tampak lebih serius misalnya pada beberapa kasus anyang-anyangan si penderita akan mengalami demam jika serangan infeksi virus telah meradang secara serius pada kandung kemih Anda. Selain itu adalah jika telah lama menyerang kandung kemih Anda akan mengakibatkan infeksi parah dan pada akhirnya akan bercampur dengan darah. Hal ini akan menjadikan kemih yang keluar dari tubuh berbau tidak sedap.