Waspadai 4 Penyebab Jantung Berdebar Mulai Sekarang!

Penyebab Jantung Berdebar - Mungkin jika jantung Anda berdebar karena Anda sedang jatuh cinta, hal tersebut tentunya tak akan menjadi sebuah masalah. Tetapi, jika jantung Anda sering berdebar-debar tanpa ada sebabnya, itulah yang menjadi sebuah tanda tanya besar. Ya, debar jantung orang normal biasanya berada pada kisaran 60 sampai 100 detakan per menitnya. Ketika jantung Anda berdebar lebih cepat dari biasanya tentunya ada masalah yang terjadi pada organ pemompa jantung tersebut. Lalu, apa sebenarnya penyebab jantung berdebar dengan kencang? Jika Anda penasaran, simak informasi berikut ini.
Penyebab Jantung Berdebar
Baca Juga : Penyebab Janin Tidak Berkembang

Tekanan darah tinggi atau hipertensi
Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi ini memang tak bisa dipisahkan dengan penyakit jantung karena keduanya memiliki hubungan yang erat. Ketika Anda menderita tekanan darah tinggi, maka mau tak mau jantung Anda juga harus bekerja ekstra keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Namun, sayangnya tekanan darah yang terlalu tinggi bisa membuat arteri menyempit sehingga jantung berusaha memacu agar darah tetap bisa mengalir. Akibatnya, detakan jantung semakin lama akan semakin cepat. Jadi, salah satu penyebab jantung berdebar adalah tekanan darah yang tinggi.

Jantung Tidak Sehat
Penyebab jantung berdebar sudah jelas sekali adanya gangguan pada jantung Anda. Salah satu tanda yang mengisyaratkan jantung Anda tidak sehat adalah jantung Anda yang sering sekali berdetak dengan cepat secara tiba-tiba. Jika Anda mendapati debaran jantung Anda tidak normal, berarti jantung Anda sedang mengalami gangguan. Detakan jantung tersebut dikarenakan karena kerja jantung yang cukup keras dalam memompa darah. Padahal, jantung dalam keadaan tidak sehat atau tidak fit. Itulah sebabnya mengapa penderita penyakit jantung sering merasakan jantungnya berdebar-debar setiap saat.

Gaya hidup yang tidak sehat
Penyebab jantung berdebar yaitu gaya hidup Anda yang tidak sehat. Jika Anda adalah orang yang gemar mengkonsumsi minuman beralkohol atau kopi, pastilah suatu saat Anda akan merasakan jantung Anda berdebar-debar dengan sendirinya. Hal tersebut dikarenakan jantung tidak kuat dengan zat kimia yang terkandung dalam miras dan juga kopi. Jika Anda membiarkan hal tersebut dibiarkan saja, kerja jantung akan terganggu dan bahkan jantung Anda bisa rusak. Ada juga kebiasaan buruk yang lain yang bisa membuat jantung berdetak kencang, yaitu merokok. Zat nikotin pada rokok akan membuat Anda sering berdebar-debar.

Dehidrasi
Jangan sepelekan jika Anda merasa haus karena jika Anda membiarkan tubuh Anda kehausan, dikhawatirkan bisa membahayakan kesehatan tubuh, terutama jantung. Ya, tubuh manusia memang membutuhkan cairan untuk kelancaran metabolism tubuh. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, maka jantung Anda akan berdetak dengan kencang karena itu tandanya jantung sedang berusaha ekstra keras dalam tubuh Anda. Nah, jika Anda tak ingin jantung Anda terganggu, rajinlah minum air putih atau jangan sampai Anda membiarkan tubuh Anda dehidrasi karena hal tersebut bisa membahayakan nyawa Anda. Semoga informasi tentang penyebab jantung berdebar di atas bermanfaat bagi para pembaca.