Ragam Penyebab Uban Selain Faktor Usia

Penyebab Uban Selain Faktor Usia - Usia memang akan selalu bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Dengan bertambahnya usia, maka tingkat kedewasaan, serta pemikiran akan semakin dewasa. Pendewasaan diri memang tidak bisa dilihat dari usia, namun usia merupakan patokan seseorang untuk dikatakan sudah dewasa atau belum. Selain meningkatnya kedewasaan, usia juga akan mempengaruhi bentuk fisik seseorang. Ketika muda, pastinya akan memiliki penampilan yang segar, kuat, serta masih memiliki rambut yang tebal berwarna hitam. Namun, ketika usia sudah semakin tua maka kondisi fisik akan semakin menurun, dan satu hal yang sudah pasti ialah rambut mulai memutih. Selain faktor usia ternyata masih ada penyebab uban yang lainnya.
 
 Penyebab Uban Selain Faktor Usia
Baca juga : Penyebab Tekanan Darah Tinggi Yg Paling Berkontribusi
penyebab tekanan darah tinggi

Source URL: http://penyebabterbaru.blogspot.com/2014/10/empat-penyebab-tekanan-darah-tinggi.html
Visit Cek Cek Paket, Cek Kuota, Cara daftar, Paket Internet, Paket Blackberry, Speedy, Indosat, Axis, Telkomsel, Smartfen, Tri (3), Esia, XL Hotrod 3g, aon, cek pulsa
Faktor Usia
Penyebab uban yang paling pertama ialah dari faktor usia. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa dengan semakin bertambahnya usia seseorang, maka kondisi fisik akan semakin mengalami penurunan. Dan salah satu bentuk penurunan ialah dengan rambut yang memutih. Memang sudah merupakan hal yang lumrah terjadi rambut memutih pada usia tua. Hal yang menyebabkan kenapa rambut menjadi memutih atau beruban ketika sudah tua, ialah karena siklus tumbuh rambut yang terjadi setiap 3 – 6 tahun akan semakin kehilangan pigmen rambut itu sendiri.

Tingkat Stress
Selain faktor usia, ternyata masih ada faktor lain penyebab uban. Dan salah satunya ialah tingkat stres. Dengan kata lain tidak hanya orang yang lanjut usia saja yang memiliki uban, melainkan usia muda pun uban bisa tumbuh. Tingkat stres yang berkaitan dengan psikologis seseorang ini sangat erat kaitannya dengan produksi hormone. Dengan terganggunya sisi psikologis seseorang dapat memicu perkembangan hormone yang tidak stabil. Dan salah satu hormone yang terganggu adalah hormone yang berfungsi untuk memberi warna atau pigmen pada rambut. Sehingga tidak heran apabila kini anak SMA saja sudah memiliki uban karena tingkat stres yang tinggi.
Merokok
Penyebab uban yang berikutnya ialah akibat kebiasaan merokok yang tidak bisa diredam. Kebiasaan merokok memang sudah mendarah daging bagi sebagian kalangan di Indonesia. Berdasarkan hasil pengamatan skala kecil yang dilakukan oleh para ahli, ternyata merokok ada kaitannya dengan tumbuhnya uban. Radikal bebas yang diproduksi ketika merokok dapat mengganggu keseimbangan hormone. Sama halnya dengan stress, merokok akan mengganggu perkembangan hormone yang tidak seimbang.
Kondisi Medis
Penyebab uban yang dipicu oleh kondisi medis seseorang memang sangat jarang terjadi, namun benar adanya. Kondisi dimana seseorang mengalami penurunan kondisi metabolic tertentu, seperti kekurangan zat nutrisi, dan kelainan genetic. Selain itu, ada beberapa jenis pengobatan penyakit yang mempunyai efek samping terhadap pengaruh mekanisme produksi hormone pigmen. Namun, biasanya hal tersebut hanya bersifat sementara saja karena pada saat pengobatan terhadap penyakit tersebut selesai, maka pigmen rambut akan kembali seperti semula.