Penyebab ISPA Dan Faktor Penularannya

Penyebab ISPA - Anak-anak mudah sekali terkena penyakit ISPA. Oleh karena itu, sebagai orang tua Anda perlu mengetahui penyebab ISPA agar tahu bagaimana harus mengambil tindakan apabila si kecil suatu hari dinyatakan dokter menderita ISPA. ISPA atau Infeksi Saluran Pernapasan Akut adalah salah satu jenis penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Penyakit-penyakit yang digolongkan ke dalam ISPA terbagi dua yaitu infeksi pernapasan atas seperti batuk, pilek, radang tenggorokan dan infeksi pernapasan bawah seperti bronchitis atau pneumonia.  Berikut ini kita akan membahas mengenai faktor-faktor penyebab ISPA yang harus Anda ketahui:
Penyebab ISPA
Baca Juga :  Penyebab Insomnia

Kualitas Udara
Udara yang tercemar dan berkualitas buruk menjadi penyebab utama dari ISPA. Orang-orang yang tinggal di lingkungan dengan kualitas udara kurang baik rentan terkena ISPA. Oleh karena sulit bagi kita untuk pindah dari daerah yang mungkin kualitas udaranya kurang baik, maka daya tahan tubuh perlu diperhatikan. Caranya dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi agar tubuh memiliki kekebalan yang baik untuk menangkal masuknya virus atau bakteri yang menyebabkan ISPA.

Tingkat Hunian Padat
Orang-orang yang tinggal di perkampungan kumuh di tengah kota memiliki tingkat hunian yang sangat padat. Rumah-rumah di area tersebut biasanya sangat berdekatan satu sama lain. Keadaan ini masih ditambah dengan banyaknya jumlah anggota keluarga sehingga satu kamar yang sempit bisa dihuni oleh 4-5 orang sekaligus. Ini membuat virus atau bakteri penyebab ISPA mudah sekali menular. Oleh karena itu, , apabila ada anggota keluarga yang sedang menderita ISPA, sebisa mungkin ia tidur terpisah dari anggota keluarga lain yang sehat.

Perilaku Atau Kebiasaan
Beberapa orang memiliki perilaku atau kebiasaan yang kurang sehat. Misalnya saja meludah sembarangan, batuk atau bersin tanpa menutup mulut dan hidung, serta merokok. Kebiasaan-kebiasaan ini secara tidak langsung membuat virus dan bakteri penyebab ISPA mudah menular kemana-mana. Mereka yang daya tahan tubuhnya kurang baik akan merasakan efek langsung dari kebiasaan atau perilaku yang tidak sehat ini. Mencuci tangan setiap kali selesai berkegiatan juga dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit ISPA.

Apabila anak atau anggota keluarga lain terkena ISPA, segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif. Mengamati apa yang menjadi penyebab ISPA lalu mencari cara untuk meminimalkan resiko penularan sangat disarankan. Untuk mencegah anak-anak dari terkena ISPA, sebaiknya di imunisasi sejak kecil. Tergantung daya tahan tubuh anak, penyakit ISPA seringkali menjadi begitu berbahaya dan merenggut jiwa anak apabila tidak tertangani dengan baik. Ingat, daya tahan tubuh anak tidak sebaik dan sekuat orang dewasa. Oleh karena itu, sedapat mungkin mereka terlindung dari berbagai faktor yang dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan akut.