Penyebab Insomnia dan Cara Pencegahannya

Penyebab Insomnia - Apakah insomnia itu? Apakah penyebab insomnia yang harus kita ketahui? Insomnia merupakan gangguan tidur yaitu berupa kesulitan untuk tidur atau sulit untuk tidur dalam waktu lama. Insomnia disebabkan oleh beberapa faktor antara lain kebiasaan tidur serta konsumsi kafein yang berlebihan. Namun, insomnia juga dapat disebabkan oleh gangguan psikologis. Untuk mengatasi gangguan tidur ini perlu diketahui terlebih dahulu dengan pasti apa penyebab insomnia yang Anda derita. Berikut beberapa faktor penyebab insomnia yang perlu Anda ketahui:
Penyebab Insomnia
Baca Juga : Penyebab Hepatitis

Jam Tidur Yang Tidak Teratur
Jika Anda kurang tidur, sering begadang atau bahkan terlalu banyak tidur dalam sehari, Anda dapat mengalami gangguan tidur tersebut. Tubuh sehat orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 7-8 jam semalam. Waktu tidur ini tidak boleh terganggu oleh apapun agar kualitas tidur yang didapatkan baik. Beberapa orang, entah karena pekerjaan atau kegiatan/hobi, harus tidur larut atau bahkan tidak tidur hingga pagi. Kebiasaan tidur siang atau tidur hingga siang hari juga membuat orang menderita kesulitan tidur di malam hari.

Kafein
Ini merupakan penyebab insomnia yang paling umum diketahui. Kita ketahui kopi dapat membuat kita segar jika mengantuk saat bekerja. Secara tidak sadar kita sering mengkonsumsi terlalu banyak kafein dalam sehari. Akibatnya, di malam hari kita tetap terjaga. Kafein sangat baik untuk tubuh karena dapat mencegah penyakit serangan jantung. Namun konsumsi kafein perlu dibatasi, maksimum dua cangkir kopi sehari. Setelahnya, perbanyak minum air putih karena kafein bersifat diuretik atau menarik air dari sel tubuh, akibatnya tubuh pun mengalami dehidrasi

Penggunaan obat-obatan
Salah satu yang menyebabkan insomnia adalah penggunaan obat-obatan tertentu dalam jangka panjang. Entah itu obat-obatan terlarang, pil penenang, obat-obatan untuk penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi atau stroke dan lain sebagainya. Obat-obatan tersebut membuat jantung dan otak terus terangsang untuk bekerja. Dengan demikian sulit untuk tubuh menjadi rileks dan masuk ke dalam keadaan tidur. Hentikan penggunaan obat-obatan atau berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat lain sebagai penggantinya.

Stress Dan Depresi
Ini merupakan penyebab insomnia yang paling sering terjadi. Banyak orang secara tidak sadar terjebak dalam tekanan pekerjaan atau tekanan hidup yang menurutnya sulit diatasi. Beberapa orang memiliki kepribadian yang rapuh dan rentan terkena stress hingga mengakibatkan depresi. Orang-orang seperti ini terus menerus terganggu dengan masalah yang sedang dihadapinya. Untuk mengatasinya sebaiknya berlatih untuk rileks dan mencoba menyelesaikan masalah dengan pikiran jernih. Untuk tingkat yang cukup parah, sebaiknya meminta bantuan psikolog atau psikiater.

Demikian beberapa penyebab insomnia yang perlu Anda ketahui. Untuk mencegah munculnya insomnia, sangat disarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat serta pola makan yang teratur.