Kenali Penyebab Kesemutan Agar Anda Terhindar dari Penyakit Berbahaya

Penyebab kesemutan - perlu Anda ketahui supaya Anda terbebas dari rasa tidak nyaman karena semut-semut menjalar di tangan atau kaki Anda. Ya, kesemutan bisa jadi tak pernah membuat orang pusing dibuatnya. Orang yang mengalami kesemutan biasanya hanya akan sedikit menggerak-gerakkan tubuhnya dan kesemutan pun bisa segera hilang. Namun, bagaimana jika kesemutan tersebut terjadi terlalu sering. Apakah hal tersebut bisa dikatakan menjadi tanda penyakit akan menyerang tubuh Anda? Jika Anda penasaran, simak informasi tentang sebab-sebab munculnya semut-semut dalam tubuh Anda.
Penyebab Kesemutan
Baca Juga : Penyebab Keguguran

Aliran darah yang tidak Lancar
Aliran darah yang tidak lancar bisa menjadi salah satu penyebab kesemutan terjadi di tubuh Anda. Peredaran darah akan terganggu karena Anda hanya melakukan sedikit aktivitas sehingga metabolism dalam tubuh juga tidak akan berjalan dengan semestinya. Salah satu posisi yang bisa membuat Anda cepat kesemutan adalah posisi duduk atau berdiri dalam waktu yang lama. Posisi duduk akan membuat aliran darah di sekitar kaki tidak lancar karena Anda terus menekukkan kedua kaki Anda. Jadi, tak heran jika Anda duduk terlalu lama, maka kaki akan cepat merasakan kesemutan.

Tekanan Saraf Tulang Belakang
Penyebab kesemutan selanjutnya adalah akibat adanya tekanan dari saraf tulang belakang. Ketika saraf pada tubuh tersebut tegang, maka peredaran darah pun tidak akan berjalan dengan lancar. Istilahnya, pembuluh darah akan terkena sumbatan yang menyebabkan darah tidak bisa mengalirkan darah dengan lancar ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, jika Anda tak ingin Anda sering kesemutan, sebaiknya Anda menjaga pikiran Anda supaya tidak stress. Ketika pikiran Anda stress, maka hal tersebut akan menimbulkan tekanan pada saraf, termasuk saraf tulang belakang.

Kekurangan Vitamin B, Kalsium, dan Kalium
Penyebab kesemutan bisa dikarenakan kurangnya nutrisi untuk tubuh Anda. Salah satu cara agar tubuh tidak terlalu sering kesemutan, maka Anda harus mencukupi kebutuhan nutrisi dengan mengkonsumsi minuman dan makanan yang sehat. Sebaiknya, Anda memperbanyak makan buah dan sayur supaya tubuh terhindar dari yang namanya kesemutan. Kesemutan bisa disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin B 12, kalsium, dan kalium. Jadi, tak ada salahnya Anda rutin mengkonsumsi buah dan sayur, misalnya bayam dan minuman sehat seperti susu agar kesemutan cepat hilang. Jangan terlalu banyak memakan makanan yang berlemak karena makanan berlemak bisa menghambat peredaran darah sehingga Anda bisa mengalami kesemutan.

Tanda Penyakit Serius pada Tubuh
Kesemutan tidak bisa Anda entengkan begitu saja karena ternyata kesemutan bisa menjadi salah satu tanda penyakit berbahaya di dalam tubuh. Sudah disinggung sebelumnya bahwa kesemutan disebabkan karena peredaran darah yang kurang lancar. Aliran darah yang kurang lancar bisa disebabkan oleh penyumbatan pada pembuluh darah atau darah yang terlalu kental. Aliran darah bisa menjadi tidak lancar jika lemak, kolesterol, gula dalam darah naik. Jadi, dalam artian penyakit-penyakit seperti diabetes, stroke, tekanan darah tinggi atau jantung bisa menyebabkan Anda mengalami kesemutan. Semoga informasi tentang penyebab kesemutan di atas bermanfaat bagi para pembaca.