5 Penyebab Katarak dan Gejalanya

Penyebab Katarak - Mata merupakan organ penting yang berfungsi untuk melihat dunia. Namun banyak orang yang kurang menyadari pentingnya organ penglihatan yang satu ini. Sehingga karena kurangnya pendapat perhatian maka terjadi gangguan kesehatan pada mata. Banyak gangguan yang dapat mempengaruhi kesehatan mata, antara lain mata minus atau plus bahkan mengalami katarak.  Salah satu penyebab katarak yaitu tertutupnya protein pada mata Anda. Apabila katarak tidak segera diobati maka dapat menyebabkan kebutaan. Berikut ini ada 5 penyebab katarak yang perlu Anda ketahui, dengan mengetahui lebih awal maka yang terkena katarak dapat segera diatasi.
Penyebab Katarak
Baca Juga : Penyebab Kesemutan

Faktor Usia
Usia merupakan penyebab katarak yang paling utama. Karena seseorang yang usianya semakin tua maka protein lensa juga akan semakin menurun. Selain faktor usia, faktor lingkungan juga sangat mempengaruhi. Seseorang yang tinggal di lingkungan yang kurang bersih, maka memiliki resiko lebih besar untuk terkena katarak.

Faktor Genetika
Faktor genetika juga merupakan penyebab katarak, karena kelainan kromosom pada seseorang dapat mempengaruhi kualitas lensa pada mata. Jadi jika tidak heran apabila dalam sebuah keluarga turun temurun ke anaknya juga mengalami katarak.

Mengidap Penyakit Diabetes
Penyakit diabetes mellitus merupakan jenis penyakit yang dapat menyebabkan mata katarak. Hal itu disebabkan karena enzim aldosa reduktase di dalam tubuh penderita penyakit diabetes dapat memicu terjadinya mata katarak.

Penggunaan Obat Tertentu
Penyebab katarak yang lain yaitu menggunakan obat tertentu yang dapat mempengaruhi penglihatan mata. Obat-obatan tersebut seperti kortikosteroid yang sudah terbukti dapat menyebabkan mata menjadi katarak.

Trauma
Seseorang yang mengalami trauma juga memiliki resiko pada penglihatan mata menjadi katarak. Karena seseorang yang mengalami trauma akan mengakibatkan penebalan, pembengkakan serta munculnya warna putih pada area serat lensa. Warna putih pada serat lensa tersebut yang pada akhirnya dapat menyebabkan mata katarak.

Gejala Katarak
Katarak dapat berkembang dari hari ke hari, tetapi tidak disertai dengan rasa sakit atau gangguan yang lain yang mempengaruhi fungsi kesehatan.  Hal itu yang menyebabkan orang tidak terlalu memperhatikannya. Karena mata masih dapat bekerja dengan normal meskipun usianya sudah mencapai 60 tahun. Gangguan terhadap fungsi penglihatan baru akan terasa saat usia seseorang menginjak usia 75 tahun.  Berikut ini ada beberapa gejala yang dirasakan pada usia tersebut.

Penglihatan menjadi lebih sulit melihat pada saat malam hari karena minim cahaya.
  • Objek yang dilihat menjadi ganda
  • Lebih sensitif pada cahaya yang masuk
  • Kehilangan intensitas warna
Demikian sedikit ulasan mengenai penyebab katarak dan gejalanya yang dapat Anda ketahui sendiri, sehingga Anda bisa mencegahnya lebih awa. Maka dari itu, Anda dapat berobat atau memeriksakan dengan lebih cepat untuk menghindari katarak menjadi lebih parah.