Penyebab Kaki Bengkak dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kaki Bengkak - Bagian kaki yang sering mengalami bengkak yaitu jempol kaki, telapak kaki, pergelangan kaki, betis dan juga paha. Penyebab kaki bengkak karena retensi cairan (penumpukan cairan) bahkan dari peradangan suatu jaringan sendi yang sakit atau terluka. Penyebabnya seperti kaki cedera, duduk atau berdiri dalam waktu yang cukup lama hal itu yang paling mudah diidentifikasi. Namun ada beberapa kemungkinan dari kaki bengkak yang disebabkan oleh penyakit yang serius di dalam tubuh. Penyakit serius yang dapat menyebabkan kaki menjadi bengkak seperti penyakit jantung atau penyakit diabetes. Apabila Anda mengalami kaki bengkak, sebaiknya untuk segera memeriksakan ke dokter supaya mengetahui penyebab dari kaki bengkak tersebut.
Penyebab Kaki Bengkak
Baca Juga : Penyebab Kehamilan Anak Kembar

Penuumpukan Cairan
Penyebab Kaki Bengkak yang pertama disebabkan oleh penumpukan cairan yaitu seseorang menderita penyakit gagal ginjal akut, bekas luka pada hati (sirosis), penyakit ginjal kronis, gagal jantung, terapi hormon, mengalami penyumbatan pada saluran getah bening (Lymphedema), terjadinya kerusakan pada pembuluh darah kecil di dalam penyaringan ginjal, saat  hamil, berdiri cukup lama dan lain-lain.

Peradangan pada jaringan kaki
Penyebab kaki bengkak yang disebabkan peradangan pada jaringan kaki. Peradangan tersebut terjadi karena merespon terhadap suatu penyakit yang dialami atau cedera, gangguan inflamasi atau rheumatoid arthritis. Penyebab tersebut yang membuat Anda akan mengalami pembengkakan pada bagian kaki. Hal tersebut dapat terjadi karena robeknya ligamen anterior pada lutut, patah pada bagian pergelangan kaki, kelebihan asam urat, luka atau infeksi pada bagian kaki, radang kantung yang berisi cairan pada sendi kaki (lutut bursitis), penyakit yang dapat menyebabkan kerusakan sendi (Osteoarthritis) atau terjadinya gangguan yang lain.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak
Penyebab kaki bengkak memang harus diketahui dengan segera, supaya dapat segera ditangani. Pembengkakan pada kaki dapat terjadi karena berbagai macam hal seperti yang disebutkan di atas. Namun hal itu perlu Anda konsultasikan kepada dokter yang ahli. Apabila sudah diketahui penyebab yang pasti, maka dokter akan memberikan obat khusus yang dapat menyembuhkan pembengkakan pada kaki Anda. Sedangkan untuk perawatan, Anda dapat melakukannya sendiri di rumah dengan cara berikut ini:
  1. Taruhlah bantal pada bagian bawah kaki saat Anda berbaring. Hal itu untuk mengurangi pembengkakan yang disebabkan dengan penumpukan cairan.
  2. Jangan berhenti mengkonsumsi obat yang diberikan oleh dokter. Apabila tidak ada perubahan ketika dalam waktu lama, maka Anda perlu berkonsultasi lagi.
  3. Ketika Anda mau berdiri dari posisi duduk dalam waktu lama, sebaiknya berikan jeda waktu untuk istirahat terlebih dahulu baru Anda mulai berjalan.
  4. Jika pembengkakan pada kaki tersebut terasa nyeri, maka Anda dapat meminta obat untuk mengurangi rasa nyeri pada dokter.

Demikian penyebab kaki bengkak dan cara mengatasinya, apabila kaki bengkak Anda tidak kunjung sembuh segera periksakan pada dokter yang ahli.