Bahaya penyebab leukosit tinggi Ciri-Ciri Kanker Darah

Penyebab leukosit - Kanker darah merupakan salah satu jenis kanker yang mematikan di Indonesia. Penderita kanker ini pun cukup beragam, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia. Kanker darah atau yang sering disebut dengan leukemia sebenarnya merupakan satu gejala tingginya jumlah leukosit dalam tubuh melebihi batasan normal. Sehingga kemudian leukosit ini menyerang sel darah putih dan keping darah karena dianggap sebagai benda asing yang patut untuk dihancurkan. Sebenarnya tidak semua penyebab leukosit tinggi dapat dikaitkan dengan gejala kanker darah. Namun mewaspadainya adalah sangat penting untuk dilakukan. Berikut ini akan penulis paparkan beberapa alasan yang menyebabkan tingginya jumlah leukosit dalam tubuh sebagai wawasan pembaca.

penyebab leukosit
Baca Juga : Penyebab Lupus
Terjadi infeksi dalam tubuh
Dalam banyak kasus, penyebab leukosit tinggi adalah terjadinya infeksi dalam tubuh manusia. Infeksi yang dilakukan oleh virus, bakteri hingga jamur teridentifikasi sebagai ancaman yang kemudian mengakibatkan jumlah leukosit meningkat untuk memeranginya. Infeksi yang berupa penyakit flu, timbulnya luka di bagian tubuh, dan lain-lain merupakan contoh kecil yang bisa menyebabkan leukosit menjadi tinggi jumlahnya.
Terdapat peradangan
Peradangan sama halnya dengan infeksi. Tubuh melakukan penanganan otomatis dengan meluncurkan banyak sekali sel darah putih atau leukosit untuk mencegah peradangan dalam ataupun luar tubuh semakin menjadi dan mengganggu fungsi tubuh yang lainnya. Biasanya ditunjukkan dengan bengkak, memerah dan timbul rasa nyeri. Peradangan yang disertai bengkak ini menjadi salah satu bukti kerja dari leukosit yang menghalangi peradangan menyebar luas di area tubuh yang lainnya.
Reaksi alergi
Alergi dengan timbulnya bintik yang gatal ataupun bersin secara terus menerus mengindikasikan bahwa jumlah leukosit bertambah. Untuk kasus alergi, tubuh melakukan proteksi untuk menghalangi alergen masuk dalam tubuh dengan memproduksi sejumlah tertentu leukosit. Penyebab leukosit tinggi ini hanya terjadi pada satu jenis leukosit yakni histamin. Histamin merupakan salah satu jenis leukosit yang memang bertugas untuk memunculkan gejala alergi sebagai bentuk sinyal bahwa tubuh terserang.
Kelainan pada sumsum tulang belakang dan limfa
Sel darah putih atau leukosit sebenarnya diproduksi oleh sumsum tulang belakang dan kelenjar limfa. Ketika terjadi kelainan pada bagian ini, bisa jadi sumsum tulang dan atau limfa memproduksi leukosit secara tak terkendali. Kelainan seperti ini berpotensi menyebabkan kanker darah atau leukemia. Penyebab leukosit tinggi seperti umumnya akan diiringi sejumlah gejala lain seperti mual muntah, penurunan berat badan drastis, nyeri ulu hati, perdarahan, pembengkakan sejumlah anggota tubuh, dan lain-lain yang harus Anda waspadai.
Stress
Stres juga bisa menjadi salah satu penyebab tingginya leukosit dalam tubuh. Dampak stres dalam tubuh sebenarnya lebih kompleks yakni juga mempengaruhi tinggi produksi leukosit atau bahkan sebaliknya. Oleh karena tulah, seseorang yang stres seringkali mengalami ketidakstabilan tekanan darah dan cenderung mudah terserang penyakit.

Itulah beberapa penyebab leukosit tinggi yang bisa penulis paparkan. Sebaiknya segera konsultasikan masalah kesehatan Anda secara rutin kepada dokter untuk mengetahui secara pasti penyebab dari tingginya kadar leukosit dalam darah Anda. Semoga bermanfaat.