Penting! Ini Dia Penyebab Feses Berwarna Hitam

Penyebab Feses - berwarna hitam berikut wajib Anda baca untuk mengantisipasi agar tidak terjadi pada diri Anda. Feses ataupun tinja umumnya berwarna cokelat ataupun kuning, tetapi pada kondisi tertentu seseorang dapat mengeluarkan feses berwarna hitam. Makanan yang telah dikonsumsi akan diolah didalam tubuh, dikeluarkan dalam bentuk tinja ataupun feses dengan warna normal kuning ataupun cokelat. Jika feses berwarna hitam maka ini berarti didalam feses terdapat darah. Feses yang tercampur oleh darah tersebut akan tampak hitam, darah ini dapat berasal dari bagian saluran pencernaan. Contohnya saja kerongkongan, perut dan usus kecil.
Penyebab Feses Berwarna Hitam
Baca Juga : Penyebab Efusi Pleuera

Untuk dapat menghindari hal ini terjadi, maka sebaiknya simak ulasan mengenai penyebab feses berwarna hitam berikut:

Peptic ulcer
Peptic ulcer ataupun bisul perut atau tukak lambung ini merupakan luka terbuka yang terdapat di lapisan kerongkongan, usus kecil ataupun perut. Tukak lambung ini dapat disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori. Selain itu, penyebab lain tukak lambung diantaranya yaitu obat nyeri yang berlebihan, alkohol dan juga merokok. Hal-hal ini dapat membuat tukak lambung semakin memburuk, oleh sebab itu sebaiknya hindari hal-hal tersebut. Jika dibiarkan saja, maka akan menjadi salah satu penyebab feses berwarna hitam.

Gastritis
Gastritis ataupun radang perut ini adalah kondisi dimana adanya radang didalam selaput perut. Gastritis ini secara umum disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan, obat tertentu, infeksi bakteri dan juga merokok. Jika Anda telah terkena gastritis maka sebaiknya konsultasikan kepada dokter agar mengetahui penyembuhan yang tepat untuk Anda. Walaupun ada beberapa pendapat yang mengungkapkan bahwa mengkonsumsi obat-obatan yang dapat mengurangi asam lambung dapat meringankan penyakit ini tetapi akan lebih baik jika mengkonsultasikan dengan dokter. Tidak hanya menjadi penyebab feses berwarna hitam, gastritis juga dapat mengakibatkan rasa mual, hilangnya nafsu makan dan bahkan muntah darah.

Air mata Mallory-Weiss
Air mata ini merupakan air mata yang dihasilkan oleh mukosa, yaitu pada daerah esophagus memenuhi perut. Walaupun jarang terjadi tetap perlu diwaspadai, air mata ini disebabkan adanya batuk yang berlebihan dengan tenaga yang kuat ataupun muntah serta kejang. Penderita air mata Mallory-Weiss ini juga dapat mengalami muntah darah. Penyakit ini dapat sembuh sendirinya dengan menunggu sekitar 10 hari, jika tidak segera sembuh maka dapat dibantu dengan transfusi darah. Jika sudah kehilangan banyak darah dan sangat parah dapat melakukan transfusi darah untuk mengganti darah yang hilang.

Itulah beberapa penyakit yang dapat menyebabkan feses Anda berwarna hitam. Sebagai langkah aman agar tidak terkena penyakit ini dan penyakit lain, maka sebaiknya terapkanlah pola hidup sehat dan pola makan sehat. Dengan begitu, Anda dapat memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Sekian yang dapat disampaikan mengenai penyebab feses berwarna hitam, semoga dapat memberikan manfaat bagi Anda semua.