Penyebab Amandel Bagi Kesehatan Tubuh

Penyebab Amandel - Amandel merupakan salah satu gangguan penyakit yang menyebabkan terjadinya radang tenggorokan. Penyebab amandel sendiri biasanya terjadi salah satunya karena faktor makanan. Penyakit amandel seringkali menyerang anak-anak. Terjadinya radang amandel ini biasanya disebabkan oleh bakteri ataupun virus yang masuk melalui hidung dan rongga mulut. Seperti kita ketahui, amandel sendiri memiliki fungsi yang cukup penting untuk perlindungan rongga mulut dan juga membantu menjaga daya tahan tubuh dari berbagai macam infeksi yang berhubungan dengan sel darah putih. 
Penyebab Amandel
Baca Juga : Penyebab Asam Lambung

Radang amandel disebabkan oleh virus Epstein Barr yang menyebabkan mononucleosis dan bakteri penyebab radang tenggorokan yaitu Streptococcus Pyogenes. Sebelum kita membahas mengenai penyebab amandel lebih lanjut, sebaiknya kita kenali gejala dari penyakit amandel berikut ini:

Berasa sakit kepala.
Pada umumnya gejala yang biasa timbul, akan merasakan sakit kepala yang berkepanjangan, periksa segera mungkin karena bisa saja sakit kepala menjadi faktor awal penyebab amandel. 

Tenggorokan dan kerongkongan terasa sakit ketika menelan makanan
Hal yang paling umum ciri-ciri penyakit amandel ini adalah ketika kita menelan makanan, maka tenggorokan dan kerongkongan yang menjadi saluran masuk makanan sebelum masuk ke dalam perut akan terasa nyeri.

Tubuh merasakan dingin dan terkadang disertai demam.
Biasanya gejala selanjutnya yang timbul adalah badan menjadi terasa dingin dan juga terkadang disertai dengan demam yang cukup membuat Anda kelelahan. Segera melakukan pengobatan karena untuk menghindari efek gangguan kesehatan yang berlebihan.

Kesulitan saat menelan makanan
Karena adanya luka yang menjadi penyebab atau cikal bakal penyakit amandel, maka makanan yang di telan akan terasa sulit dan akibatnya menjadi sakit dalam menelan makanan.

Kehilangan suara atau suara menjadi bindeng
Karena luka yang disebabkan oleh penyakit amandel, dan terjadi pembengkakan di sekitar kelenjar getah bening yang terletak pada bagian rahang dan leher, maka suara yang dikeluarkan akan terasa susah dan jika lebih parah, bisa mengakibatkan kehilangan suara sementara selama penyakit amandel masih belum sembuh.

Adapun penyebab amandel yang perlu kita ketahui adalah sebagai berikut ini:

Faktor makanan
Penyebab utama terjadinya radang amandel adalah dari faktor makanan. Adapun beberapa makanan yang memicu radang amandel ini adalah permen, ice cream, makanan yang mengandung pemanis buatan, bahan pengawet pewarna kimia dan lain sebagainya dapat menyebabkan terjadinya gangguan amandel. Selain itu, terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas juga bisa menyebabkan radang pada amandel.

Kurangnya asupan Vitamin C
Kekurangan Vitamin C merupakan salah satu faktor penyebab amandel. Oleh karena itu, selalu mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C minimal sehari sebanyak 500 mg dan di seimbangkan oleh vitamin dan komponen gizi dan nutrisi sebagai pelengkap bagi kebutuhan tubuh.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas
Ternyata, makanan yang memiliki rasa pedas dapat menyebabkan gejala amandel, oleh karena itu kurangi makanan yang memiliki rasa pedas sehingga penyakit amandel bisa dihindari sedini mungkin.

Kurang mengkonsumsi air putih setiap hari
Seimbangkan cairan yang ada di dalam tubuh dengan mengkonsumsi air putih sebanyak 1, 5 – 2 liter atau 8 – 10 gelas air. Disamping mengurangi dehidrasi, hal ini juga sebagai tindakan preventif dalam pencegahan penyakit amandel. 

Itulah beberapa penyebab amandel yang perlu Anda ketahui. Anda juga harus menerapkannya pada anak-anak, karena mereka biasanya sangat rentan terkena penyakit ini.