Penyebab Malaria Quartana dan Gejala yang Ditimbulkan

Penyebab Malaria Quartana - Malaria merupakan salah satu penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan koma dan bisa berujung pada kematian ada empat jenis malaria berdasarkan jenis virus yang menginfeksi. Empat jenis ini yaitu Malaria Quartana, Malaria Vivax, Malaria Falciparum, dan Malaria Ovale. Keempat jenis penyakit malaria ini dapat dibedakan dari gejala yang muncul. Selain itu penyebab dari timbulnya penyakit ini juga berbeda-beda bergantung dari virus yang menginfeksinya. Dalam tulisan kali ini, penulis akan membahas mengenai penyebab Malaria Quartana dan gejala yang timbul pada orang yang terkena virus ini.
Penyebab Malaria Quartana
Baca Juga : Penyebab Q Patologis

Penyebab Malaria Quartana yang utama adalah karena penularan virus Plasmodium Malarie, penyebaran virus ini dapat terjadi dengan dua cara yaitu:

1.     Gigitan nyamuk Anopheles
Faktor utama penyakit Malaria Quartana yang pertama dan utama adalah gigitan dari nyamuk Anopheles betina. Gigitan yang disebabkan oleh nyamuk ini langsung menginfeksi darah yang ada dalam tubuh. Darah yang sudah terinfeksi akan terus menyebar ke seluruh badan. Hanya membutuhkan hitungan hari saja tubuh akan merasakan gejala dari penyakit ini. Nyamuk Penyebab Malaria Quartana ini berkembang biak di tempat-tempat yang berawa dan banyak terdapat genangan air. Orang yang tinggal di dekat rawa akan lebih beresiko. Selain itu, rumah yang banyak genangan air juga dapat menjadi sarang nyamuk ini. Terlebih jika musim penghujan tiba, banyak sekali genangan air dan penyebaran virus ini semakin cepat tertular.
2.     Transfusi darah
Penyebab yang kedua yaitu karena transfusi darah. Darah orang yang terjangkit penyakit Malaria Quartana jika ditransfusikan pada orang yang sehat bisa langsung tertular. Oleh karena itu, ketika akan melakukan transfusi darah pastikan jika dalam keadaan sehat. Selain itu, Anda yang akan di transfusi harus memastikan jika darah tersebut bebas dari penyakit yang berbahaya termasuk salah satunya penyakit Malaria Quartana ini.

Setelah mengetahui penyebab Malaria Quartana, Anda juga perlu untuk mengetahui gejala dari penyakit Malaria Quartana ini. Gejala yang timbul diantaranya yaitu:

1.     Demam
Demam terjadi setelah empat hari nyamuk menggigit. Demam akan mulai dirasakan disertai dengan sakit kepala yang sangat. Biasanya demam yang terjadi pada orang yang terinfeksi sangat tinggi.
2.     Berkeringat dingin
Gejala Malaria Quartana yang kedua yaitu berkeringat dingin. Walaupun suhu badannya panas tapi mengeluarkan keringat dingin yang sangat banyak. Selain berkeringat dingin tubuh juga rasanya menggigil.
3.     Kehilangan kesadaran
Gejala yang terakhir yaitu kehilangan kesadaran. Gejala ini timbul setelah penyakit Malaria Quartana ini sangat parah. Kehilangan kesadaran ini bisa mencapai koma dan berujung dengan kematian.

Penyebab Malaria Quartana memang sepele hanya karena gigitan nyamuk, tapi yang menggigit adalah nyamuk yang berbahaya dan mengandung virus. Penyakit malaria quartana memang hanya di derita oleh hanya 7% penderita malaria di dunia, tapi tetap saja harus di waspadai. Salah satu negara yang beresiko terjangkit penyakit malaria ini adalah Indonesia. Indonesia yang mempunyai iklim tropis ini sangat mendukung dalam perkembangbiakan jenis nyamuk ini.