Penyebab Q Patologis Pada Miokard Infark

Penyebab Q Patologis - Q Patologis merupakan salah satu gelombang yang digunakan dalam EKG untuk mengidentifikasi kecepatan kerja jantung, sehingga bisa mengenali apakah jantung itu sehat atau mengalami gangguan. Salah satu penyakit yang dapat dideteksi dengan Q Patologis yaitu Miokard Infark. Miokard Infark merupakan salah satu penyakit akibat kerusakan pada jantung. Bisa dibilang, Miokard Infark bukan merupakan penyakit tapi proses kerusakan jantung. Miokard Infark merupakan proses kerusakan yang terjadi pada jantung dikarenakan adanya sumbatan aliran darah menuju jantung. Penyebab Q Patologis pada Miokard Infark adalah penyumbatan, penyumbatan yang terjadi ini mengakibatkan suplay darah menuju jantung berkurang dan dapat menghambat kerja jantung.
Penyebab Q Patologis
Baca Juga : Penyebab Quadriplegia

Miokard Infark jika dilihat dari penyebab Q Patologis ada beberapa faktor yang menyebabkannya, faktor tersebut diantaranya:

1.     Berkurangnya oksigen pada jantung
Penyebab Q Patologis pada Miokard Infark yang pertama yaitu berkurangnya oksigen pada jantung. Ini merupakan penyebab utama Miokard Infark. Kekurangan oksigen ini bisa dikarenakan oleh tiga faktor utama yaitu faktor pembuluh darah, sirkulasi darah, dan darah. Pembuluh darah sangat mempengaruhi masuknya oksigen dalam jantung, semakin sempit pembuluh darah semakin sedikit pula oksigen yang masuk dalam darah. Sirkulasi darah juga sangat berpengaruh, sirkulasi yang kurang lancar akibat tekanan darah juga dapat menghambat masuknya oksigen ke jantung. Faktor jumlah darah juga sangat mempengaruhi semakin sedikit jumlah darah dalam tubuh semakin sedikit pula oksigen yang masuk dalam jantung.

2.     Jantung terlalu bekerja berat
Penyebab Q Patologis pada Miokard Infark yang kedua yaitu jantung terlalu bekerja berat. Kerja berat jantung ini biasanya terjadi jika melakukan aktivitas yang memberatkan, misalnya terlalu banyak aktivitas di luar ruangan. Boleh saja beraktivitas di luar ruangan tapi daya tahan tubuh tetap di jaga dengan mengkonsumsi makanan yang menyehatkan.

3.     Faktor biologis
Faktor biologis seperti umur juga sangat mempengaruhi kerja jantung. Semakin tua umur seseorang semakin berkurang kerja jantungnya. Orang yang sudah berusia lebih dari 40 tahun mempunyai resiko yang lebih besar dibandingkan dengan yang masih berumur sekitar 20 tahun.

Penyebab Q Patologis pada Miokard Infark ini merupakan proses terjadinya Miokard Infark.  Proses terjadinya penyakit ini sebenarnya panjang dan lama, selama proses ada gejala yang menyertainya. Gejala utama dari Miokard Infark adalah nyeri, nyeri ini terjadi pada bagian dada. Rasa nyeri yang dirasakan juga bertahap, dari mulai nyeri biasa sampai nyeri yang sering terjadi dan nyeri itu sangat sakit. Pada fase awal nyeri yang dirasakan masih jarang hanya terjadi setelah melakukan aktivitas yang berat. Pada fase yang lebih tinggi nyeri yang dirasakan akan lebih sering dan spontan. Rasa nyeri ini bisa terjadi setiap hari dan tidak hanya setelah melakukan aktivitas berat saja. Agar fase tidak berkembang lebih jauh lagi Anda perlu menjaga kesehatan jantung dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Selain itu rajin berolah raga juga bisa membuat jantung lebih sehat.