Halau Penyakit “Mati Separo” dengan Mengenali Penyebab Stroke Sejak Dini

Penyebab Stroke - Stroke adalah salah satu penyakit yang berbahaya bagi manusia. Ketika stroke menyerang tubuh, maka Anda pun tak mungkin lagi bisa beraktivitas seperti biasa. Bagaimana Anda bisa beraktivitas jika anggota badan istilahnya “mati separo”. Pastinya, yang Anda bisa hanyalah meminta bantuan orang-orang yang ada di sekitar Anda. Namun, jika stroke yang menyerang Anda sudah parah, pastinya yang Anda bisa hanyalah berbaring di tempat tidur. Menurut medis, stroke bisa terjadi karena peredaran darah yang tidak lancar atau bahkan terhambat. Namun, apa penyebab stroke sebenarnya? Simak informasi berikut ini.

Penyebab Stroke
Baca Juga :  Penyebab Sering Sakit Kepala
Hipertensi
Penyebab stroke biasanya dikarenakan oleh tekanan darah yang tinggi. Tekanan darah yang tinggi tersebut akan menyebabkan jantung bekerja ekstra keras dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Jika tekanan darah dalam tubuh tidak dapat menyusut, akhirnya akan menyebabkan gangguan pada peredaran darah.  Ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi, pembuluh darah akan membengkak sehingga ia tidak bisa mengalirkan darah dengan maksimal. Kedua, pembuluh darah bisa pecah karena tidak kuat menahan tekanan yang ada. Itulah sebabnya, stroke bisa menyerang Anda.
Penyakit Jantung
Penyebab stroke yang kedua adalah penyakit jantung. Dapat dikatakan organ-organ dalam tubuh saling berhubungan satu sama lain. Ketika salah satu organ dalam tubuh terganggu, maka organ lain juga tidak bisa bekerja dengan maksimal. Sebagai contohnya, jika Anda adalah seseorang yang mengidap penyakit jantung, maka kemungkinan besar, Anda juga bisa terkena stroke. Mengapa? Saat jantung tidak bisa memompa darah dengan baik, maka pembuluh-pembuluh darah akan mengalami kerusakan. Sehingga, stroke pun bisa menyerang Anda.
Diabetes
Penyebab stroke yang selanjutnya adalah diabetes. Diabetes adalah keadaan dimana gula darah sangat tinggi sehingga gula tersebut bisa membuat darah menjadi kental. Mengentalnya darah pastinya akan membuat organ-organ tubuh bekerja keras untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Resikonya, jika darah mengental terus-menerus, maka darah yang kental tersebut dapat menyumbat pembuluh darah. Jika pembuluh darah sudah tersumbat, maka penyakit stroke bisa menyerang Anda kapan saja. Jadi, bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes, sebaiknya control gula darah Anda sesering mungkin agar stroke tidak singgah di tubuh Anda.
Obesitas
Kelebihan berat badan tentunya sudah menjadi masalah sejak lama. Berat badan yang berlebih tidak hanya dapat mengganggu penampilan saja, tetapi juga dapat mengganggu kesehatan Anda. Ada banyak penyakit yang siap mengancam Anda bila lemak dalam tubuh terus-terusan menumpuk, salah satunya penyakit stroke. Seorang yang obesitas pastinya memiliki lemak yang banyak dalam tubuhnya. Jika lemak tersebut tidak segera diatasi, maka akan mengganggu kerja organ tubuh. Organ tubuh tidak bisa melakukan metabolism secara sempurna akibat lemak yang menutupinya. Pembuluh darah pun pastinya juga akan tersumbat dan stroke pun akan dirasakannya. Demikian informasi tentang penyebab stroke di atas, semoga bermanfaat!