Ketahui 5 Penyebab Gangguan Tidur yang Harus Dihindari

Penyebab Gangguan Tidur - Tidur atau beristirahat merupakan satu kegiatan yang mutlak diperlukan manusia. Setelah seharian beraktifitas, tidur merupakan kebutuhan utama untuk bisa memulihkan tenaga. Namun seringkali tidur atu istirahat tidak berjalan maksimal sehingga rasa lelah dan letih pada hari sebelumnya masih dirasakan. Kualitas tidur yang rendah seperti ini jelas harus segera ditindaklanjuti sehingga diperoleh stamina yang terbaharukan di keesokan harinya. Oleh karena itulah, berikut ini akan dipaparkan kepada pembaca mengenai penyebab gangguan tidur yang harus dihindari agar terbentuk kualitas tidur yang baik.

penyebab gangguan tidur pada anak,berita gangguan tidur,enam penyebab gangguan tidur,penyebab gangguan tidur yang harus dihindari,jenis gangguan tidur,penyebab kurang tidur,pola tidur,Penyebab,
Baca juga : Penyebab Nyeri Punggung Pada Ibu Hamil

Konsumsi makanan tertentu yang dilarang 
Makanan ternyata juga bisa memberikan pengaruh yang cukup besar dalam penyebab gangguan tidur yang harus dihindari. Beberapa jenis makanan yang diketahui dilarang dimakan terutama mendekati waktu tidur justru merupakan jenis makanan bergizi. Makanan tersebut seperti brokoli, kembang kol, bawang, dan jenis sayuran berdaun hijau lainnya. Hal ini dikarenakan beberapa sayuran tersebut mengandung gas yang membuat Anda cenderung kesulitan tidur. Selain itu, sayuran berdaun hijau ternyata kurang tepat dikonsumsi di malam hari dikarenakan bersifat diuretik atau membuat Anda sering buang air kecil. Kebiasaan lain seputar makan seperti makan terlalu banyak, makan makanan manis, makan pedas, makan terlalu cepat, konsumsi makanan berlemak tinggi cenderung mengakibatkan sulit tidur. 

Mengkonsumsi kafein dan beralkohol 
Dua jenis minuman ini kurang tepat untuk dikonsumsi menjelang tidur. Fakta mengenai kafein yang bisa mencegah rasa kantuk adalah benar. Jadi jika Anda ingin beristirahat sebaiknya menghindari minuman dan makanan berkafein seperti coklat, teh, dan kopi. Minuman beralkohol juga bisa memberikan sensasi kantuk pada awalnya namun cenderung membuat Anda terbangun diantara waktu tidur dan menjadi penyebab gangguan tidur yang harus dihindari. Konsumsi susu sebagai minuman pengantar tidur sangat disarankan dibandingkan dengan kedua jenis minuman tersebut. 

Menghidupkan lampu yang terlalu terang 
Lampu yang terlalu terang dapat menjadi pengganggu saat Anda memejamkan mata. Sehingga rasa sulit tidur kemudian menyerang Anda. Kebiasaan mematikan lampu ketika akan pergi tidur sangatlah tepat untuk bisa menunjang kualitas tidur yang baik. 

Mendengarkan musik atau televisi 
Membiarkan musik dari ponsel Anda berbunyi atau membiarkan televisi di kamar Anda menyala adalah saran yang buruk untuk bisa tidur dengan nyenyak. Meskipun Anda bisa terlelap, namun otak Anda masih terus memproses untuk bisa mengartikan bunyi-bunyian yang Anda dengar. Sehingga penyebab gangguan tidur yang harus dihindari ini sangat penting untuk dinonaktifkan untuk bisa mendapatkan kualitas tidur yang terbaik. 

Stres 
Stres merupakan penyebab gangguan tidur yang perlu dihindari yang terakhir dan paling banyak dialami oleh para penderita insomnia. Beban pikiran yang kemudian dibawa ketika berbaring diatas ranjang akan membuat rasa kantuk Anda menghilang. Stres juga bisa membuat Anda seolah merasa letih dan gelisah karena terjaga sepanjang malam. 

Itulah beberapa penyebab gangguan tidur yang harus dihindari untuk bisa mendapatkan kualitas tidur terbaik untuk bisa mendapatkan pemulihan energi di keesokan harinya. Semoga dapat bermanfaat bagi semua pembaca.