Penyebab Nyeri Punggung Pada Ibu Hamil Trimester Akhir

Penyebab Nyeri Punggung Pada Ibu Hamil - Kehamilan trimester akhir menjelang melahirkan bukan berarti Anda menjadi bebas tanpa gangguan. Masih ada beberapa gangguan hingga masalah yang terus mengintai ibu hamil menjelang kelahiran bayi. Seperti salah satunya adalah rasa tidak nyaman hingga nyeri yang dirasakan ibu hamil pada area punggung dan tulang belakangnya pada bulan-bulan akhir kehamilan. Nyeri punggung saat kehamilan ini merupakan wajar dan dapat diatasi dengan memberikan pengetahuan seputar penyebabnya. Berikut ini penulis akan memaparkan beberapa penyebab nyeri punggung pada ibu hamil trimester akhir agar dapat kemudian diantisipasi oleh pembaca. 

Penyebab Nyeri Punggung,sakit pinggang pada ibu hamil,anemia pada ibu hamil,keputihan pada ibu hamil,nyeri punggung saat hamil,sakit punggung saat hamil 5 bulan,hamil 9 bulan,
Baca juga : Penyebab Toksoplasma Pada Kehamilan

Rahim yang membesar, janin yang membesar 
Seiring berjalannya waktu, merupakan hal yang wajar jika rahim bertambah besar dan kandungan menjadi semakin berat. Keadaan yang alamiah ini kemudian mendorong sikap ibu sedikit menekukkan ke depan tulang belakangnya sehingga otot tulang punggung dan panggung memendek atau terus melakukan kontraksi. Ketika hal ini terjadi terus menerus maka wajar jika ibu mengalami perasaan pegal hingga nyeri pada punggungnya akibat stres otot yang dialaminya. Penyebab nyeri punggung ibu hamil seperti ini bisa dikurangi dengan sedikit relaksasi dengan melakukan olahraga, senam hamil atau yoga hamil untuk melenturkan kembali otot-otot yang kaku. 

Meningkatnya hormon kehamilan 
Saat hamil, kadar hormon seperti esterogen dan progesteron, membuat persendian tulang-tulang panggul meregang. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan proses persalinan nanti. Namun imbasnya adalah akan terjadi perubahan postur tubuh secara tidak langsung yang juga mempengaruhi tulang belakang saat menopang tubuh. 

Jumlah janin dalam kandungan 
Jumlah janin dalam kandungan tentu berpengaruh pada penyebab nyeri punggung yang dirasakan oleh ibu hamil. Jika ibu ternyata hamil bayi kembar maka potensi nyeri punggung akan berlipat ganda lebih sering dibandingkan dengan hamil tunggal. 

Postur tubuh yang salah 
Seiring dengan semakin beratnya beban yang diserahkan pada tulang punggung dan panggul, maka kesalahan postur sedikit saja akan memberikan efek yang luar biasa. Postur Anda ketika tidur, jongkok, dan berjalan jelas akan mempengaruhi frekuensi terjadinya nyeri punggung. Sebaiknya ketika tidur diberikan alas berupa bantal di antara lutut dan posisi ibu miring ke kiri. Ketika ibu diharuskan jongkok, terutama saat BAB atau mengambil barang yang jatuh ke lantai, maka usahakan jongkok perlahan dengan tetap mempertahankan posisi punggung tetap tegak. Hindari mengangkat beban yang berat untuk menghindari penyebab nyeri punggung yang semakin parah. 

Terlalu sering duduk 
Terlalu sering duduk juga bisa menimbulkan rasa pegal, sehingga penting untuk menghindari duduk lama yang lebih dari 30 menit. Jika memang terpaksa duduk selama itu, usahakan memberikan sandaran yang nyaman berupa bantal kecil di punggung. 

Berat badan ibu hamil 
Berat badan ibu hamil tentu bisa mempengaruhi nyeri punggung saat hamil. Semakin gemuk ibu ketika hamil maka kemungkinan nyeri punggung juga akan semakin besar dibandingkan dengan ibu hamil berat badan normal. 

 Itulah beberapa penyebab nyeri punggung pada ibu hamil yang perlu Anda ketahui sehingga sebisa mungkin bisa mengkondisikan ibu agar menghindari kemungkinan yang bisa menyebabkan ketidaknyamanan tersebut. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.