Mengenal Gejala dan Penyebab Virus Ebola yang Menyebar Cepat

Virus Ebola merupakan salah satu penyakit yang mematikan di dunia ini. Ebola merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus ebola virus yang masuk dalam famili Filoviridae. Penyebaran virus ebola ini sangat cepat dibandingkan dengan virus mematikan lainnya. Virus ebola sudah terdeteksi beberapa tahun lalu di Kongo. Nama ebola sendiri diambil dari sungai Ebola yang letaknya di Kongo yang menjadi pangkal awal penyebaran virus ini. 
Penyebab virus ebola bisa menyebar dengan cepat karena memang penularannya yang sangat cepat. Berikut beberapa penyebab penularan ebola:
1.     Virus ebola
Penularan penyakit ebola yang pertama karena virus ebola langsung menular dari hewan pada manusia. Manusia yang sudah tertular virus ebola biasanya sebelumnya bersentuhan langsung dengan hewan pembawa virus ebola atau makan daging hewan liar yang terjangkit virus ebola.
2.     Menyentuh langsung penderita ebola
Penyebab virus ebola menyebar dengan mudah karena penularannya hanya dengan menyentuhnya saja sudah bisa terjangkit virus ebola ini. Penularan ebola terjadi karena perantara air bukan udara. Virus ebola bisa menular melalui batuk, air liur, dan juga keringat. Orang yang sehat dan hanya memegang sedikit orang yang sudah positif terjangkit ebola bisa langsung tertular dan gejala akan muncul sekitar 2 hari setelahnya, tapi umumnya membutuhkan waktu sekitar 5 hari.
3.     Hidup yang tidak sehat
Penularan virus ebola pada manusia bisa disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Penyebab virus ebola mudah menyebar di Afrika karena banyak orang yang masih belum peduli dengan kesehatan tubuhnya. Banyak orang yang masih mengkonsumsi binatang liar yang belum tentu sehat, mereka juga jarang mencuci tangan sebelum makan.
4.     Sistem imun yang lemah
Sistem imun atau kekebalan tubuh yang lemah memudahkan virus ebola masuk dalam tubuh Anda. Tubuh dengan sistem imun yang lemah akan langsung di serang dan hanya membutuhkan beberapa hari saja untuk membuat orang yang terkena sudah kehilangan nyawa.

Anda pasti bertanya-tanya kenapa virus ebola ini sangat berbahaya dan mematikan? Virus ebola sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian hanya dalam waktu singkat saja. Penderita yang terjangkit virus ebola bisa meninggal hanya dalam waktu 6 hari saja, paling lama bisa bertahan sampai 21 hari. Virus mematikan ini bisa menyebar dengan cepat melalui sentuhan langsung. Yang lebih bahayanya lagi sampai sekarang belum ada vaksin ataupun obat yang bisa menyembuhkan ebola. Penyebab virus ebola menyebar pertama kali yaitu karena kontak langsung dengan hewan yang terkena ebola. Ebola menyebar di benua Afrika yang masyarakatnya masih menggantungkan kehidupannya dengan alam dan hidup kurang bersih.

Penyebab virus ebola sangat mematikan karena virus ini langsung menyerang sistem imun tubuh. Virus ini bisa hidup dimana saja termasuk juga di kulit tubuh manusia yang nantinya masuk dalam tubuh. Gejala awal penyakit ini yaitu demam, selang beberapa hari penderita akan mengalami pendarahan luar dan dalam tubuh. Selain itu, muncul bintik-bintik merah pada tubuh yang dalamnya disertai darah. Jika anggota keluarga terkena ebola langsung di bawa ke rumah sakit dan jangan ada yang menyentuhnya secara langsung untuk menghindari penyebaran virus.