Penyebab Eksim dan Gejala Yang Ditimbulkan

Penyebab Eksim - Kulit merupakan bagian terluar tubuh yang berperan untuk melindungi bagian tubuh yang lebih dalam. Dengan keberadaan kulit yang berada di bagian terluar tubuh manusia, maka kulit akan merasakan interaksi secara langsung dengan lingkungan sekitar. Keadaan lingkungan yang ada saat sekarang ini memang sudah sangat memprihatinkan, dengan tingkat polusi yang semakin bertambah menjadikan lingkungan hidup yang tidak sehat. Keadaan lingkungan juga sangat mempengaruhi terhadap kondisi kulit. Dan kulit juga sangat rentan terhadap serangan penyakit, sehingga perlu diberikan penanganan yang sangat khusus. Apabila hal tersebut diabaikan maka bisa memicu munculnya penyakit seperti eksim. Sebelum masuk ke dalam pembahasan penyakit eksim, akan lebih baik apabila mengulas terlebih dahulu penyebab eksim.
Penyebab Eksim
Baca Juga : Penyebab Disentri

Penyakit kulit yang disebut eksim memang masih simpang siur terhadap apa penyebabnya. Namun, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli bahwa penyebab eksim tersebut akibat aktifitas daya tahan tubuh atau imun yang terlalu berlebihan terhadap semua bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Ketidakstabilan yang diperlihatkan oleh sistem kekebalan tubuh atau imun tersebut, salah satu penyebabnya ada radikal bebas yang kini sudah semakin memprihatinkan kondisinya.

Penyebab eksim yang dipercaya oleh para ahli tersebut memang merupakan hal yang paling sering terjadi di dunia termasuk di Indonesia. Sehingga tidak heran apabila para penderita eksim atau orang yang terkena eksim merupakan orang yang memiliki riwayat alergi terhadap hal khusus. Penyebab munculnya penyakit eksim tiap orang memang berbeda-beda, tergantung dari tingkat toleransi sistem kekebalan tubuh atau sistem imunnya. Dengan adanya keberagaman penyebab, sehingga mengharuskan untuk lebih mengenal diri sendiri sebelum memulai langkah pencegahan.

Setelah tadi membahas penyebab eksim, maka kini saatnya untuk membahas penyakit eksim itu sendiri. Penyakit eksim merupakan salah satu dari sekian banyak penyakit yang menyerang kulit, dengan spesifikasi kulit yang terkena akan mengalami penebalan. Jenis eksim itu sendiri bermacam-macam, namun yang lebih dikenal dan sering terjangkit di Indonesia adalah eksim jenis atopic. Gejala yang muncul sebelum kulit mengalami penebalan adalah rasa gatal yang begitu sangat menyiksa pada bagian tubuh. Dan bagian tubuh yang sering dijangkiti penyakit eksim adalah bagian tangan dan kaki.

Gejala umum yang muncul pada penyakit eksim memang rasa gatal pada bagian tubuh. Walaupun penyebab eksim setiap orang bisa berbeda, namun untuk urusan gejala akan tetap sama. Rasa gatal yang muncul pada bagian tubuh, nantinya akan menjadi kemerahan walaupun tidak digaruk. Dan pada saat kulit menjadi kemerahan tersebut, berarti anti body atau imun mulai bekerja dengan melebihi kontrol. Karena sistem kekebalan tubuh yang terganggu tersebutlah, maka semua bakteri akan dibunuh secara membabi buta tanpa memperhatikan jaringan epitel kulit yang ditempati oleh bakteri tersebut. Dan hasilnya adalah jaringan kulit akan menjadi menebal yang disebut eksim.