10 Alasan Inilah Yang Menjadi Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

Penyebab Susah Tidur - Susah tidur adalah hal yang paling tidak menyenangkan, dimana ada saat Anda merasa lelah dan ingin beristirahat yang terjadi malah Anda sulit untuk tidur. Banyak alasan yang menjadi penyebab susah tidur di malam hari. Padahal tidur malam yang berkualitas seharusnya dapat diperoleh oleh semua orang karena sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab kenapa seseorang susah untuk tidur ataupun insomnia.
 
Penyebab Susah Tidur
Baca Juga : Penyebab Sariawan
Otot kram
Otot pada betis, kaki dan paha jika terasa kram pada saat malam hari, maka akan berpengaruh pada tidur Anda.
Asma nokturnal
Asma ini adalah asma yang berlangsung pada malam hari, pasalnya pada saat berbaring lendir dapat menumpuk pada saluran hawa dan menyebabkan tekanan pada paru-paru.
Apnea tidur
Apnea adalah kondisi dimana Anda sulit untuk bernafas berulang kali sehingga mengakibatkan Anda sulit untuk tidur nyenyak. Penyebab susah tidur dianggap sangat kritis, untuk menanganinya Anda dapat melakukan penurunan berat badan, minum air putih secukupnya sebelum tidur dan berhenti merokok jika Anda perokok.
Sakit punggung
Sakit punggung sering dialami, bahkan hampir semua orang pernah mengalami hal ini. Sakit punggung ini dapat terjadi akibat posisi tidur yang kurang tepat atau kurang nyaman. Mengganti tempat tidur atau kasur Anda jika sudah tidak nyaman digunakan adalah solusi yang cukup baik.
Asam lambung
Asam lambung juga menjadi salah satu penyebab susah tidur malam, jika asam lambung naik hingga ke kerongkongan maka mengakibatkan seseorang akan sulit untuk tidur.
Infeksi
Untuk wanita yang berusia 50 tahun ke atas, jika saat terbangun pada malam hari dan merasa pusing maka segera konsultasikan kepada dokter. Mungkin saja Anda menderita benign positional vertigo.
Obat-obatan
Obat-obatan tertentu seperti obat untuk flu dan darah tinggi biasanya memiliki kandungan kafein yang menjadi penyebab susah tidur malam hari.
Hormon
Masalah hormon juga dapat menyebabkan gangguan sulit untuk tidur di malam hari, terutama pada wanita. Pasalnya wanita sering mengalami perubahan hormon, baik sebelum dan sesudah menstruasi ataupun wanita yang telah memasuki masa menopause.
Stres
Stres ataupun rasa cemas yang berlebihan yang dialami seseorang mengakibatkan dirinya untuk memikirkan banyak hal. Stres yang dialami akan menyita perhatiannya dan membuat dirinya sulit tidur.
Sakit
Sakit juga dapat menjadi penyebab Anda susah untuk tidur, sakit seperti demam, migrain dan juga cedera di kepala dapat membuat Anda sulit untuk tidur di malam hari.

Itulah 10 hal yang menjadi penyebab susah tidur di malam hari, sekian yang dapat disampaikan. Semoga apa yang telah disampaikan dapat bermanfaat bagi Anda semua.