Ketahui gejala dan penyebab lupus

Penyebab Lupus - Penyakit lupus merupakan salah satu penyakit degeneratif yang bisa berbahaya ketika kambuh. Penyakit ini bukan merupakan satu penyakit menular sehingga tidak perlu ditakuti atau melakukan pendiskriminasian pada penderita. Sebenarnya kata lupus berasal dari bahasa latin yang berarti “anjing hutan” dikarenakan terdapatnya bercak di wajahnya membentuk pola seperti kupu-kupu yang juga mirip seperti yang dialami oleh penderita. Penyakit lupus merupakan penyakit kambuhan yang tidak bisa dideteksi karena berhubungan dengan kelainan sistem kekebalan tubuh atau sering disebut dengan penyakit auto imun. Penyebab lupus hingga sekarang masih belum diketahui secara pasti, oleh karena itulah pentingnya dilakukan deteksi dini. 
penyebab lupus
Baca Juga : Penyebab Leukemia

Berikut ini akan dipaparkan gejala penyakit lupus sebagai pengetahuan awal pembaca seputar penyakit tersebut.

Munculnya bercak merah
Gejala awal yang paling kentara dari penderita penyakit lupus adalah munculnya bercak merah pada hidung dan kedua pipi membentuk seperti kupu-kupu atau sering disebut butterfly rash. Untuk keadaan yang lebih parah, seorang penderita dapat mengalami gejala seperti ini hampir di seluruh tubuhnya. Penyebab lupus secara pasti yang masih belum diketahui yang kemudian bisa menyebabkan tanda gejala seperti ini seringkali dikaitkan dengan penyakit lainnya. Tanda lahir atau Toh, merupakan kelainan pada kulit dengan gejala yang sama yang seringkali membingungkan pada orang tua.

Rasa lelah yang berlebihan dan anemia yang parah
Penyakit lupus merupakan penyakit kelainan sistem imun ditandai dengan kurangnya kontrol imunitas yang kemudian menganggap seluruh jaringan dalam tubuh merupakan benda asing. Dengan demikian, ketika penyakit ini kambuh dan menyerang sel darah, penderita akan nampak menunjukkan gejala mirip seperti penderita anemia, yakni salah satunya adalah sering lelah. Penyebab lupus kambuh yakni terlalu lelah atau stres menjadi pemicu yang paling banyak sepanjang kasus penderita penyakit lupus.

Rasa nyeri pada bagian persendian
Ketika penyakit lupus kambuh, penderita sering mengalami nyeri atau pegal di sekitar persendian. Hal ini berarti imunitas dalam tubuh sedang menyerang bagian tersebut. Penyebab lupus dapat menyerang jaringan dalam tubuh yang berbeda-beda hingga saat ini masih belum diketahui. Sehingga penderita juga patut waspada untuk menjaga secara terus-menerus kondisi kesehatannya untuk menghindari kemungkinan buruk terjadi.

Nafas susah dan berat
Penderita penyakit lupus ketika kambuh biasanya akan diiringi dengan frekuensi nafas yang kurang teratur, berat dan sulit. Hampir sama dengan sesak, penderita bahkan juga bisa mengalami gagal nafas saat penyakit ini kambuh. Saat ha ini terjadi maka bisa dipastikan bahwa penyakit ini sedang menyerang sistem pernafasannya dan harus segera mendapatkan pertolongan sebelum terlambat.

Sensitif pada cahaya
Penderita lupus cenderung lebih sensitif terhadap cahaya dibandingkan dengan orang pada umumnya. Cahaya yang terlalu terang bisa saja menjadi Penyebab lupus kambuh dengan ditandai munculnya bercak merah pada area wajah. Menggunakan syal, topi, atau penutup mata merupakan saran yang bisa digunakan untuk proteksi penderita.

Itulah beberapa gejala penyakit lupus yang harus diwaspadai jika saja salah satu atau beberapa muncul pada diri sendiri, anak, atau bahkan salah seorang dari saudara kita. Melakukan pencegahan lebih baik dari pada mengobati.