Ingin Kulit Bebas dari Bisul? Ketahui Penyebab Udun Mulai dari Sekarang!

Penyebab Udun atau bisul adalah salah satu gangguan kulit yang pastinya akan membuat orang yang dihinggapinya merasa tidak nyaman. Udun ini hampir mirip dengan jerawat, hanya saja bentuknya lebih besar. Udun biasanya akan mudah Anda temukan di bagian pantat atau bagian tubuh yang lembab. Meskipun bukan termasuk gangguan kulit yang berbahaya, tetapi tak ada salahnya jika Anda mencegah timbulnya bisul karena bisul ini juga dapat meninggalkan bekas yang bisa mempengaruhi kecantikan kulit Anda. Untuk itu, ketahui penyebab udun lewat informasi berikut ini.
Penyebab udun
Baca Juga : Penyebab Ulu Hati Sakit

Alergi
Penyebab udun salah satunya karena alergi. Alergi bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti makanan atau zat-zat kimia. Logikanya, tubuh pastinya memiliki system pertahanan yang biasanya digunakan untuk mencegah bakteri jahat atau zat-zat asing masuk dalam tubuh. Namun, ketika system pertahanan tubuh tak bisa menumpasnya, maka akan timbul bisul-bisul pada tubuh yang biasanya berupa sel darah putih atau sering disebut “nanah” dalam bahasa jawa.

Kurang Menjaga Kebersihan
Penyebab udun yang lain adalah kurang menjaga kebersihan badan. Badan yang kurang bersih akan membuat bakteri atau kuman senang menempel di tubuh Anda. Misalnya, ketika Anda baru selesai beraktivitas seharian, pastinya badan Anda penuh dengan keringat. Namun, Anda ternyata malas untuk membersihkan badan Anda. Jadi, jangan salahkan jika jamur atau bakteri akan senang beranak pinak di tubuh Anda. Maka dari itu, jika Anda tak ingin bisul atau udun ada di badan Anda, mulai sekarang rajinlah membersihkan badan, minimal dengan mandi 2 kali sehari.

Kelebihan Protein atau Lemak dalam Tubuh
Penyebab udun selanjutnya adalah jumlah protein dan lemak yang berlebihan dalam tubuh. Bisul ternyata bisa disebabkan oleh kebiasaan Anda mengkonsumsi makanan yang berlemak atau berprotein tinggi dalam jumlah besar. Akibatnya, kelebihan protein tersebut dapat memunculkan bisul-bisul di badan Anda. Alangkah baiknya, mulai sekarang, Anda kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, seperti udang dan telur dan perbanyak konsumsi buah dan sayur supaya bisul atau udun tak akan menghinggapi kulit cantik Anda.

Setelah Anda mengetahui penyebab udun, tak ada salahnya Anda tahu bagaimana cara menghindari bisul tumbuh di badan Anda. Pertama, Anda bisa menghindari bisul atau udun dengan cara menjaga kebersihan badan, jangan sampai Anda membiarkan keringat terus menempel di badan Anda. Kedua, Anda pun bisa juga mengatur pola makan Anda dan mengkonsumsi makanan yang bisa mencegah tubuh, misalnya; daun pepaya. Daun pepaya ini memiliki zat antioksidan yang tinggi yang mampu mengusir bakteri penyebab udun dari badan Anda. Atau, Anda bisa memperbanyak memakan buah dan sayur supaya bisul tak berani hinggap di badan Anda. Demikian informasi seputar udun atau bisul, semoga bermanfaat!