Cegah Sakit Maag dengan Mengenali Penyebab Ulu Hati Sakit

Penyebab Ulu Hati Sakit - Apa yang Anda rasakan ketika sakit maag menyerang Anda? Pastilah Anda akan menyatakan nyeri pada bagian lambung Anda. Bukan hanya itu saja, ketika maag menyerang, maka Anda tidak bisa memasukkan makanan dalam tubuh. Saat Anda memaksakan untuk tetap memberi lambung Anda makanan, ada akan merasakan mual yang biasanya diiringi dengan sakit kepala yang hebat. Ya, sakit kepala memang bisa dibilang ringan atau berat. Sakit pada ulu hati ini bisa diatasi asalkan Anda mau mengobatinya secara teratur. Tetapi, ketika Anda membiarkan sakit ulu hati Anda, maka bisa memicu penyakit yang lebih parah, seperti maag akut atau bahkan kanker usus. Untuk itu, supaya Anda bisa menghindari penyakit ini, Anda bisa mengetahui penyebab ulu hati sakit berikut ini.
Penyebab ulu hati sakit
Baca Juga : Penyebab Usus Turun

Menyantap Makanan dan Minuman yang Salah
Penyebab ulu hati sakit yang pertama adalah makanan minuman. Kebanyakan orang yang mengeluh sakit pada ulu hatinya tidak begitu memperhatikan makanan dan minuman yang masuk ke tubuhnya. Ada beberapa makanan yang bisa memicu naiknya asam lambung sehingga ulu hati Anda menjadi sakit. Anda akan merasakan sakit pada ulu hati ketika Anda mengkonsumsi makanan yang pedas dan berminyak. Atau, Anda adalah orang yang suka memakan minuman yang mengandung asa berlebihan. Jadi, bagi Anda yang tak ingin sakit ulu hatinya, kurangi makanan pedas dan minuman yang asam.

Diet Ketat
Penyebab ulu hati sakit yang lain adalah diet ketat. Diet biasanya sangat disukai oleh para wanita yang ingin memiliki tubuh yang langsing. Tetapi, terkadang diet yang dilakukan oleh wanita tersebut tidak sesuai dengan saran dokter karena mereka tak mencukupi tubuhnya dengan nutrisi. Orang yang diet rela menahan makan agar tubuhnya menjadi langsing. Mungkin saja, ia hanya makan satu hari sekali. Pola diet seperti itulah yang membuat asam lambung naik karena lambung tidak memiliki makanan untuk dicerna. Jadi, jika Anda ingin diet, Anda hanya perlu mengontrol pola makan bukan memaksa tubuh untuk tidak makan.

Pola makan yang tidak teratur
Penyebab ulu hati sakit selanjutnya adalah pola makan Anda yang tidak teratur. Mungkin dari kecil pun Anda sudah diajarkan untuk makan 3 kali sehari, sarapan, makan siang dan makan malam. Tetapi, terkadang pola makan yang sudah diterapkan sejak kecil tersebut dilanggar. Alhasil, apa yang terjadi ketika mereka tidak mau makan dengan teratur, lambung akan sakit. Ketika lambung sudah terganggu, maka ulu hati Anda akan merasa sakit ketika Anda mencoba untuk makan sekalipun.

Stress
Stres ternyata bisa juga menyebabkan sakit maag. Mungkin, stress bisa disebabkan oleh berbagai hal, pekerjaan, masalah keluarga, atau hal yang lainnya. Tetapi ingat, saat Anda dalam keadaan stress, maka Anda harus tetap bisa makan dengan teratur. Misalnya, Anda tahu bahwa pekerjaan Anda sedang menumpuk di kantor. Namun, tak ada salahnya Anda tetap meluangkan waktu untuk menyantap makanan karena saat Anda stress produksi asam lambung meningkat. Jika Anda tak memasukkan apapun dalam perut, maka ulu hati Anda akan terasa sakit. Semoga informasi tentang penyebab ulu hati sakit di atas bermanfaat untuk para pembaca.