Waspadai Penyebab Penyakit Jantung, Jalani Pola Hidup Sehat

Penyebab Penyakit Jantung - Menurut beberapa penelitian, penyakit jantung adalah penyakit yang sangat mematikan dan juga membunuh karena penyakit ini bisa terjadi secara mendadak dan langsung mengakibatkan kematian. Penyakit ini juga masih menjadi momok yang sangat menakutkan bagi masyarakat karena kebanyakan masyarakat terkadang tidak menyadari jika mereka memiliki atau terkena gejala penyakit jantung. Oleh karena itu, Anda harus mewaspadai adanya gejala dan penyebab penyakit jantung agar dapat menghindari dan mencegahnya secara dini. Ada beberapa hal yang harus Anda waspadai sebagai penyebab dari penyakit jantung.

Penyebab Penyakit Jantung
Baca Juga : Penyebab Orang Mendengkur
Kadar Kolesterol dan Tekanan Darah
Faktor pertama yang menjadi penyebab penyakit jantung adalah tingginya kadar kolesterol dan juga tekanan darah tinggi. Namun, musuh pertama dari penyakit jantung adalah tekanan darah tinggi. Hampir 60% dari kasus kematian karena serangan jantung adalah karena tekanan darah tinggi. Sehingga sangat disarankan bagi Anda penderita hipertensi rajin-rajinlah melakukan kontrol jantung. Kadar kolesterol yang tinggi dapat memicu pembentukan plak pada pembuluh darah yang mengganggu suplai darah normal dalam tubuh yang pada akhirnya mengakibatkan gagal ginjal.
Keturunan atau Penyakit Kronis
Faktor keturunan juga menjadi penyebab penyakit jantung yang tidak dapat dihindari. Jika orang tua atau nenek moyang Anda memiliki riwayat penyakit jantung tidak menutup kemungkinan Anda dan juga keturunan Anda sangat beresiko terkena penyakit jantung. Bagi Anda yang memiliki penyakit kronis juga sangat berpotensi untuk terkena penyakit jantung. Misalnya jika Anda memiliki penyakit obesitas dan juga penyakit diabetes harus sangat hati-hati karena tidak menutup kemungkinan Anda terkena gejala penyakit jantung. Selain itu, faktor usia dan juga jenis kelamin juga sangat berpengaruh. Kebanyakan kasus jantung terjadi pada usia 65 tahun dan juga pada pria.
Pola Hidup
Pola hidup yang tidak sehat merupakan salah satu penyumbang dan penyebab penyakit jantung. Kebiasaan hidup dengan pola yang tidak teratur dan juga tidak sehat juga meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Makan makanan yang tidak sehat, pola tidur yang tidak teratur juga dapat menjadikan Anda beresiko terkena penyakit jantung. Kurang olah raga juga dapat menjadikan tubuh Anda rawan terkena penyakit jantung karena kolesterol dan juga kalori dalam tubuh Anda tidak terbakar dan menumpuk dalam tubuh. Penumpukan jumlah kolesterol dalam tubuh merupakan salah satu faktor terkuat terkena penyakit jantung.
Makanan
Jenis makanan yang Anda konsumsi setiap harinya juga berpotensi sebagai penyebab penyakit jantung. Konsumsi junkfood yang berlebihan dapat menumpuk kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang menjadikan tubuh rawan penyakit jantung. Telur dan juga berbagai macam olahan keripik juga makanan penyebab jantung sakit. Makanan yang banyak mengandung lemak jenuh, makanan manis, dan juga makanan yang dipanggang sebisa mungkin Anda hindari karena dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.