Inilah 4 Penyebab Orang Mendengkur

Penyebab Orang Mendengkur - Mendengkur atau yang sering disebut juga dengan mengorok adalah adanya suara bergetar yang muncul ketika sedang dalam posisi tertidur. Suara tersebut bisanya terdengar cukup keras yang keluar dari tenggorokan atau rongga mulut dan juga hidung. Perlu diketahui jika terjadinya suara mendengkur atau mengorok adalah adanya penyempitan pada saluran pernafasan sehingga langit-langit pada mulut menjadi bergetar. Mendengkur tidak hanya terjadi pada laki-laki namun juga terjadi pada perempuan. Sekitar 45% kasus mendengkur terjadi pada kaum laki-laki dan sekitar 30% kasus terjadi pada wanita. Penyebab orang mendengkur bisa dikarenakan oleh berbagai macam hal.

Penyebab Orang Mendengkur
Baca Juga : Penyebab Orang Merokok
Apnea Tidur atau Sleep Apnea
Apnea tidur atau Sleep Apnea sebagai salah satu penyebab orang mendengkur adalah sebuah gangguan yang ditandai dengan berkurangnya atau terhentinya nafas pada saat Anda tidur. Periode atau lama waktu terjadinya gangguan Apnea tidur atau Sleep Apnea kurang lebih 10 detik bahkan bisa lebih. Gangguan ini dapat menyebabkan terhentinya aliran udara sehingga dapat berdampak pada adanya penurunan kadar oksigen dalam darah hingga 4%. Secara otomatis dapat menjadikan pengurangan transfer oksigen pada aliran darah. Pada akhirnya gangguan ini dapat menimbulkan efek mendengkur.
Obesitas Dan Merokok
Penyebab orang mendengkur lainya adalah obesitas atau kelebihan berat badan dan juga kebiasaan merokok. Pada penderita obesitas pada umumnya memiliki jaringan tenggorokan lebih besar. Jaringan yang lebih besar ini akan mengakibatkan penyempitan saluran nafas dimana menjadi faktor utama orang mendengkur. Selain itu bagi Anda yang mempunyai kebiasaan merokok juga sangat mempengaruhi timbulnya mendengkur atau mengorok. Ternyata merokok dapat menimbulkan peradangan pada tenggorokan dan juga saluran pernafasan sehingga akan mengakibatkan mengorok atau mendengkur pada saat tidur.
Gangguan Pada Hidung
Pada sebagian orang, mendengkur dapat pula disebabkan oleh alergi yang mereka derita, akibat atau efek perubahan cuaca, atau juga ketika Anda memiliki infeksi penyakit sinus. Beberapa gangguan hidung tersebut bisa menjadi penyebab orang mendengkur. Selain itu juga adanya kelainan bentuk pada hidung seperti septrum atau adanya perubahan secara struktural pada dinding yang memisahkan antara lubang hidung satu dengan yang lainnya. Jika Anda memiliki penyakit polip juga dapat menyebabkan tidur Anda mendengkur.
Posisi Tidur
Sedangkan faktor penyebab orang mendengkur yang paling dominan adalah posisi tidur. Pada posisi tertentu pada saat tidur dapat menjadikan Anda tidur dengan mendengkur. Posisi yang sering mengakibatkan mendengkur adalah ketika Anda tidur dengan mulut terbuka. Pada saat mulut terbuka saluran udara akan menyempit sehingga akan mengakibatkan mendengkur. Pada posisi tidur terlentang juga dapat menjadikan Anda menjadi mendengkur. 4 hal tersebut merupakan hal-hal yang dapat menjadikan tidur Anda menjadi bersuara atau mendengkur.