Kenali Berbagai Penyebab Haid Tidak Teratur

Penyebab Haid - Haid menjadi hal yang dialami oleh semua wanita. Penyebab haid tidak teratur terkadang menjadikan siklus haid tidak datang setiap bulannya. Kondisi tersebut memang cenderung membuat seorang wanita mengalami kekhawatiran yang sangat tinggi. Terkadang justru wanita akan mengalami tingkat stress yang semakin tinggi ketika mengalami hal tersebut. Siklus haid yang tidak teratur tidak hanya dialami wanita yang masih muda saja melainkan juga wanita yang sudah dewasa. Sehingga Anda harus selalu menjaga kondisi tubuh agar tidak mengalami hal tersebut. Anda juga harus mewaspadai ketika haid yang tidak teratur menimpa diri Anda. Karena bisa jadi itu gejala akan mengalami menopause atau gejala sebuah penyakit.
Penyebab Haid
Baca Juga : Penyebab Hipertensi

Beberapa penyebab haid tidak teratur antara lain:

1. Kelelahan
Jika Anda seorang wanita karir, mungkin saja rasa lelah pada tubuh dirasakan Anda setiap hari. Kondisi kesehatan pada wanita menjadikan tidak teratur, Anda harus menjaga kondisi tubuh agar tidak melakukan aktifitas yang berlebihan. Ternyata kondisi kelelahan juga dapat membuat siklus haid menjadi tidak teratur. Hal ini menjadi penyebab utama bagi para wanita karir yang aktif bekerja. Kelelahan memang menjadi sebuah hal yang tidak dapat dihindari, hanya dapat di minimalisir saja. Oleh karena itu, Anda harus menjaga kondisi tubuh Anda agar tidak kelelahan. Hal ini karena dapat membuat produksi hormon menjadi tidak baik.

2. Kondisi Stres
Stress juga menjadi penyebab haid tidak teratur. Stress memang banyak dialami para wanita baik wanita karir maupun tidak. Kondisi tersebut dapat terjadi misalnya seseorang terlalu memikirkan masalah yang terjadi pada hidupnya. Kondisi stress akan membuat kondisi hormonal yang tidak stabil. Ketika hormone tidak stabil, maka akan membuat ovarium tidak dapat menghasilkan sel telur. Sehingga menstruasi tidak terjadi pada diri Anda. Untuk itu, Anda harus menghindari stress agar terhindar siklus menstruasi yang tidak lancar.

3. Terjadinya Kehamilan
Jika dalam waktu 1 bulan, Anda tidak mengalami menstruasi bisa jadi Anda sedang mengalami kehamilan. Salah satu penyebab haid tidak teratur yaitu kehamilan. Kondisi wanita hamil membuat siklus menstruasi menjadi berhenti. Hal tersebut disebabkan karena ovarium untuk sementara tidak menghasilkan sel telur. Hormone yang biasanya memicu terbentuknya sel telur untuk sementara tidak berproduksi sehingga ovarium tidak mampu menghasilkan sel telur. Sebaiknya untuk mengetahui hal tersebut, gunakan tes kehamilan agar dapat mengetahui Anda hamil atau tidak.

4. Berat Badan yang Berlebihan
Berat badan juga mempengaruhi penyebab haid tidak teratur. Kenaikan berat badan yang berlebihan dapat membuat terganggunya produksi sel telur di dalam ovarium. Berat badan yang naik secara spontanlah yang dapat mengakibatkan hal tersebut. Karena kenaikan berat badan dapat terjadi karena adanya gangguan kelenjar tiroid. Salah satu gejala yang terlihat yaitu siklus menstruasi yang tidak teratur. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter jika mengalami hal tersebut.