4 Hal Penyebab Hipertensi yang Harus Dihindari

Penyebab Hipertensi - Hipertensi yaitu sebuah kondisi di mana terjadi penekanan pada dinding arteri yang kuat sehingga menyebabkan sebuah masalah kesehatan, contohnya penyakit jantung. Tekanan pada darah di dalam tubuh sangat ditentukan oleh jumlah darah yang akan dipompa oleh jantung. Jumlah tersebut akan sangat resisten terhadap aliran darah pada arteri. Semakin banyak jumlah darah yang dipompa oleh jantung Anda maka pembuluh darah arteri Anda akan mengalami penyempitan. Sehingga hal tersebut akan membuat tekanan darah akan mengalami peningkatan. Kondisi hipertensi terkadang tidak banyak diketahui oleh penderita. Hanya dalam kondisi yang sudah dalam kategori akut saja yang biasanya diketahui oleh penderita. Penyebab hipertensi sendiri sangat beragam. Sehingga, Anda harus benar-benar menghindari penyebab dari hipertensi itu sendiri. Tujuannya yaitu agar hipertensi tidak terjadi pada diri Anda. Berdasarkan sebuah penelitian, bahwa orang yang mengalami hipertensi cenderung lebih mudah untuk terkena berbagai penyakit.
Penyebab Hipertensi
Baca Juga : Penyebab Gondongan

Ada 4 hal penyebab hipertensi  yang harus dihindari, antara lain:

Faktor keturunan atau Faktor genetic
Tidak dapat dipungkiri bahwa factor keturunan juga menyebabkan penyakit hipertensi. Apakah Anda sudah pernah memperhatikan dalam satu keluarga berapa orang yang mengalami hipertensi? Coba perhatikan, pasti jika salah satu dari orang tua ada yang mengalami penyakit hipertensi, maka keturunannya juga dapat terkena penyakit hipertensi. Factor keturunan tidak dapat dihilangkan dengan cara apapun. Cara yang paling ampuh yaitu dengan menghindari penyebab hipertensi lainnya. Sehingga, Anda akan terminimalisir terkena penyakit hipertensi.

Obesitas
Obesitas atau berat badan yang berlebihan merupakan salah satu penyebab hipertensi. Orang yang memiliki tubuh besar lebih cenderung mengalami resiko yang besar terkena hipertensi. Akan tetapi, tidak semua orang yang mengalami obesitas akan mengalami hipertensi. Dengan demikian, sebaiknya Anda tidak memiliki badan yang terlalu besar agar resiko terkena hipertensi semakin kecil. Jika Anda saat ini termasuk orang yang obesitas, maka sebaiknya Anda melakukan diet sehat agar berat badan Anda menjadi ideal.

Berlebihan dalam mengkonsumsi garam
Jika Anda penggemar makanan dengan cita rasa yang asin, sebaiknya Anda mulai saat ini menguranginya. Karena terlalu banyak mengkonsumsi garam menjadi penyebab hipertensi. Beberapa orang memang mempunyai kondisi darah yang sangat sensitif dengan garam. Bagi orang yang sensitive, sedikit saja mengonsumsi garam, maka akan dengan mudah tekanan darah meningkat drastis. Solusi terbaiknya yaitu dengan cara mengurangi asupan makanan yang banyak mengandung garam.

Menggunakan alat kontrasepsi
Beberapa wanita hanya cocok dengan alat kontrasepsi tertentu saja. Kondisi tersebut dapat membuat seseorang wanita mengalami hipertensi. Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu ketika memutuskan untuk menggunakan salah satu alat kontrasepsi. Penyebab hipertensi karena alat kontrasepsi banyak dialami para wanita, sehingga Anda harus selalu cermat dalam memilih alat kontrasepsi.