Kenali 4 Penyebab Jantung Bengkak

Penyebab jantung bengkak - harus Anda pahami betul-betul supaya Anda bisa melakukan pencegahan terhadap penyakit jantung bengkak tersebut. Ya, penyakit jantung memang penyakit nomor satu yang bisa mematikan penderitanya sehingga Anda benar-benar wajib mewaspadainya. Penyakit jantung bengkak secara medis disebabkan oleh pembengkakan pada pembuluh jantung sehingga kerja jantung pun bisa terganggu. Penyakit ini juga bisa disebabkan oleh kelainan pada katup jantung sehingga jantung pun tidak bisa bekerja dengan optimal. Nah, kini saatnya Anda mengetahui penyebab dari jantung bengkak lebih detail, supaya Anda bisa mencegah penyakit ini sejak dini.
Penyebab Jantung Bengkak
Baca Juga : Penyebab Jantung Koroner

Kurang Gerak
Kurang gerak atau kurang beraktivitas ternyata bisa menjadi salah satu penyebab jantung bengkak. Ketika Anda kurang senang melakukan aktivitas, otomatis zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh akan menumpuk di tubuh Anda, misalnya keringat dan lemak. Mengapa demikian, dengan Anda sedikit bergerak, maka metabolism dalam tubuh juga tidak akan berjalan dengan lancer. Dengan kata lain, zat-zat yang tidak dibutuhkan dalam tubuh juga tidak bisa terbuang dengan sempurna. Akibatnya, lemak bisa menumpuk dalam pembuluh darah dan lemak itulah yang bisa membuat jantung Anda menjadi bengkak.

Faktor Keturunan
Penyebab jantung bengkak tak semata-mata disebabkan karena suatu penyakit atau pola hidup yang tidak sehat. Tetapi, pembengkakan pada jantung bisa disebabkan juga oleh factor keturunan. Ketika anggota keluarga Anda memiliki kelainan pada jantungnya, misalnya kelainan katup jantung atau jantung bocor, maka kemungkinan keturunannya akan memiliki jantung yang sama.  Untuk itu, Anda benar-benar harus menjaga kesehatan jantung Anda supaya Anda tidak menurunkan penyakit yang bisa membahayakan keturunan Anda.

Penurunan fungsi otot jantung
Penyebab jantung bengkak yang selanjutnya adalah menurunnya fungsi otot jantung. Penurunan fungsi otot jantungpun bisa dikarenakan usia Anda yang sudah tak muda lagi atau pola hidup Anda yang kurang baik. Saat otot-otot pada jantung sudah tak lagi berfungsi dengan baik, maka jantung pun akan kerja ekstra keras dalam melakukan pekerjaannya untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jika hal tersebut terlalu sering terjadi, maka akan terjadi pembengkakan pada jantung yang bisa mengakibatkan kematian di kemudian hari jika tak lekas di atasi.

Diabetes
Penyakit diabetes adalah penyakit akibat kadar gula dalam darah meningkat. Penyakit ini menyebabkan darah menjadi kental. Tetapi tahukah Anda jika penyakit diabetes ini lama-lama akan memicu pembengkakan pada jantung. Hal tersebut dikarenakan darah yang kental membuat jantung bekerja ekstra dalam memompa darah. Darah yang kental tersebut juga akan menyumbat pembuluh darah atau mempersempit pembuluh darah. Akibatnya, pembuluh darah akan membengkak dan jantung pun tidak akan berfungsi dengan baik. Semoga informasi tentang penyebab jantung bengkak di atas bermanfaat bagi para pembaca.