Waspadai 4 Penyebab Jantung Koroner Mulai Sekarang!

Penyebab jantung koroner - perlu Anda ketahui sejak dini karena penyakit ini adalah salah satu penyakit yang bisa membuat penderitanya mudah merenggang nyawa. Jantung koroner ini bisa menyerang pada pria dan wanita sehingga Anda harus benar-benar mewaspadainya. Biasanya, gejala awal yang akan dirasakan oleh penderita jantung koroner adalah sesak napas yang terlalu sering dan jantung terlalu sering berdebar-debar. Kemudian, jika Anda tidak segera mengecek keadaan jantung Anda, maka Anda bisa saja merasakan mati rasa pada daerah dada sebelah kiri. Lalu, sebenarnya, apakah penyebab dari penyakit yang mematikan ini? 
Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut ini.

Merokok
Merokok adalah salah satu penyebab jantung koroner. Mungkin, dampak rokok tak langsung dapat Anda rasakan, tetapi rokok ini terbukti dapat membahayakan kesehatan organ-organ penting dalam tubuh. Bukankah dibungkus rokok juga sudah tertulis bahwa rokok bisa membunuh para penghisapnya? Namun, kebanyakan orang tak mau mengindahkan peringatan tersebut dan tetap asyik menikmati rokok. Ya, kadar nikotin dalam rokoklah yang membuat gangguan pada jantung. Nikotin akan membuat kerja jantung semakin keras dan pembuluh arteri pun akan kesusahan mengalirkan darah.

Minuman beralkohol
Penyebab jantung koroner yang kedua adalah miras atau minuman keras. Bahaya minuman keras ini hampir sama seperti bahaya rokok. Mungkin, Anda tak bisa langsung merasakan efek minuman keras setelah Anda meminumnya. Tetapi, efek tersebut akan Anda rasakan di masa mendatang. Salah satu efek sering mengkonsumsi alcohol adalah membuat kerja jantung menjadi lebih keras. Bahkan, jika Anda tidak bisa menghentikan kebiasaan buruk Anda tersebut, jantung Anda akan mengalami kerusakan dan jangan salahkan jika Anda cepat meninggalkan dunia fana ini.

Obesitas
Penyebab jantung koroner selanjutnya adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Orang yang memiliki berat badan berlebih sangat rentan akan resiko jantung koroner. Mengapa? Ya, karena lemak-lemak pada tubuhnya tidak bisa di metabolisme secara sempurna oleh tubuh. Lemak-lemak tersebut juga dapat menyumbat pembuluh darah sehingga arteri pun tak bisa lancar mengalirkan darah ke jantung atau ke seluruh tubuh. Jika Anda memiliki berat badan berlebih, sebaiknya Anda benar-benar harus menjaga jantung Anda sebelum koroner membunuh Anda.

Tekanan Darah Tinggi
Penyakit jantung koroner bisa disebabkan karena tingginya tekanan darah Anda. Jika tekanan darah tinggi, maka mau tak mau jantung harus kerja ekstra keras. Namun, jika hal tersebut berlangsung terus-menerus, tekanan darah yang tinggi akan menyebabkan gangguan pada jantung Anda karena pembuluh jantung bisa melebar dan ditakutkan bisa jebol karena tak kuat menahan tekanan dari darah tersebut. Oleh karena itu, bagi Anda yang menderita tekanan darah tinggi, berhati-hatilah akan bahaya penyakit jantung koroner yang bisa mengancam Anda sewaktu-waktu. Semoga informasi tentang penyebab jantung koroner di atas bermanfaat bagi para pembaca.