Bagaimana Mencegah Munculnya Penyebab Jerawat Batu?

Penyebab Jerawat Batu - Wajah berjerawat saja sudah membuat kita sebal dan minder, apalagi jika di wajah kita terdapat jerawat batu? Sebenarnya apa sih penyebab jerawat batu? Jerawat batu adalah sejenis jerawat yang bentuknya besar dan keras apabila ditekan. Ukuran jerawat batu biasa jauh lebih besar daripada jerawat biasa dan warnanya kemerahan. Beberapa orang memiliki jerawat batu yang cukup banyak di wajahnya sehingga terlihat mengerikan. Apalagi warnanya merah kehitaman seperti radang kulit. Jika tidak diatasi dengan benar, jerawat batu dapat menimbulkan bekas pada kulit wajah yang sukar dihilangkan.
Penyebab Jerawat Batu
Baca Juga : Penyebab Infeksi Saluran Kencing

Berikut adalah penyebab jerawat batu yang sebaiknya Anda ketahui:

Hormon
Jerawat batu umumnya terjadi karena adanya ketidak-seimbangan hormon. Ketidak-seimbangan hormon ini normal terjadi pada masa pubertas. Ini mengapa banyak remaja mengalami masalah dengan jerawat batu. Wanita hamil atau yang akan mendapatkan menstruasi juga seringkali memiliki masalah ketidak-seimbangan hormon yang dapat menimbulkan jerawat batu.

Faktor Genetik
Orang tua yang rentan menderita jerawat batu umumnya menurunkan hal tersebut kepada anak-anaknya. Produksi kelenjar minyak berlebihan yang menjadi penyebab jerawat batu kemungkinan ini juga dimiliki oleh keturunannya. Oleh karena itu, jika Anda atau orang tua menderita jerawat batu, pastikan Anda melakukan pencegahan agar generasi berikutnya tidak mengalami masalah yang sama.

Stress
Tekanan hidup atau tekanan pekerjaan dapat menimbulkan stress yang mengganggu kesehatan mental Anda. Stress membuat tubuh mudah terkena penyakit dan kulit menjadi terlihat tidak sehat. Kulit yang tidak terawat baik dapat menjadi penyebab jerawat batu muncul. Oleh karena itu, selalu bersihkan wajah dengan seksama. Cari cara untuk menghilangkan stress. Olah raga dan makan makanan bergizi merupakan cara ampuh untuk mengurangi stress.

Kurangnya Kebersihan Kulit

Kulit yang penuh minyak dan kotoran harus selalu dibersihkan, minimal dua kali sehari. Jika Anda sering berada di luar ruangan, sebaiknya kulit wajah dibersihkan setiap empat jam sekali. Gunakan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit berminyak. Sabun wajah yang khusus untuk kulit berminyak merupakan produk yang tepat untuk digunakan.

Salah kosmetik
Jerawat batu juga dapat disebabkan oleh kesalahan kosmetik. Beberapa bahan yang terkandung dalam kosmetik mengandung minyak dan mineral yang tinggi. Jika kulit Anda tidak tahan, kandungan tersebut dapat menjadi penyebab jerawat batu muncul. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan kosmetik, baik untuk perawatan maupun untuk koreksi, yang tidak mengandung minyak atau yang dapat menimbulkan jerawat.

Jangan Memencet Jerawat
Terkadang ketika jerawat batu muncul kita merasa risih dan ingin memencetnya agar segera hilang. Hati-hati, cara tersebut justru akan memperparah kondisi jerawat dan meninggalkan bekas pada kulit. Sebaiknya gunakan obat jerawat atau biarkan dokter kulit atau ahli di klinik kecantikan yang melakukannya.