Gejala Dan Penyebab Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita

Penyebab Infeksi Saluran Kencing - Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Sebagai wanita, kita rentan akan penyakit infeksi saluran kencing. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui penyebab infeksi saluran kencing pada wanita agar dapat melakukan tindakan-tindakan pencegahan sebelum terkena penyakit tersebut. Infeksi saluran kencing umumnya disebabkan oleh bakteri E coli. Bakteri ini biasanya menyerang kandung kemih melalui uretra atau saluran kencing. Dalam tingkat yang parah, bakteri ini bahkan bisa masuk sampai ginjal dan menimbulkan infeksi pada ginjal.
Penyebab Infeksi Saluran Kencing
Baca Juga : Penyebab Infeksi Usus

Wanita lebih rentan terkena penyebab infeksi saluran kencing pada wanita ini. Ini disebabkan karena jarak antara saluran kencing dan kandung kemih pada wanita lebih pendek daripada pria. Dengan demikian lebih mudah bagi bakteri E coli masuk ke dalam kandung kemih. Wanita yang terkena infeksi saluran kemih akan merasakan beberapa gejala seperti:

Rasa Panas Dan Terbakar
Ketika buang air kecil, wanita akan merasakan sensasi panas seperti terbakar pada saluran kencingnya. Akibatnya, wanita sering menahan kencing karena merasa tidak nyaman. Padahal menahan kemih justru dapat memperparah kondisi saluran kemih. Bakteri penyebab infeksi saluran kencing pada wanita justru dapat masuk makin dalam ke bagian organ tubuh lainnya karena tidak segera digelontor ke luar melalui air seni.

Demam Tinggi Dan Menggigil
Setiap kuman yang masuk ke dalam tubuh dikenali sebagai benda asing oleh otak. Benda asing yang masuk akan membuat pasukan sel darah putih segera bergerak untuk melawannya. Sementara itu tubuh menyalakan alarm berupa demam. Alarm ini menandakan bahwa ada yang salah dalam sistem tubuh yang perlu diperbaiki. Kuman apapun, baik kuman penyebab pilek atau batuk hingga kuman penyebab infeksi saluran kencing pada wanita akan menimbulkan demam yang makin lama makin tinggi dan seringkali disertai dengan keadaan menggigil.

Nyeri Pada Punggung Bagian Bawah
Bakteri berkemungkinan menyebar hingga ke abdomen. Jika rasa nyeri yang awalnya hanya terasa di bagian saluran kencing menjalar hingga punggung bagian bawah, ada kemungkinan bakteri telah menyerang organ ginjal. Segera periksakan ke dokter untuk penanganan yang lebih intensif.

Bakteri penyebab infeksi saluran kencing pada wanita dapat masuk ke dalam saluran kencing karena beberapa sebab antara lain kebersihan daerah kemaluan yang kurang terjaga. Pastikan Anda menggunakan air yang bersih untuk membasuh daerah kewanitaan sehabis buang air kecil. Jika berada di toilet umum, hindari menggunakan airnya karena kebersihan airnya diragukan. Sebaiknya gunakan tisu khusus untuk bagian kewanitaan. Jalani gaya hidup sehat yaitu dengan mengkonsumsi makanan bergizi, minum banyak air putih dan berolah raga. Jika merasakan sakit dan nyeri saat buang air kecil segera kunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Jangan menunggu hingga infeksi bertambah parah.