Ciri-Ciri dan Penyebab Campak Pada Anak

Penyebab Campak - Anak-anak cenderung masih rentan kondisi tubuhnya sehingga akan sangat mudah untuk terserang penyakit. Keluarga terlebih untuk orang tua harus memberikan proteksi lebih pada anak agar anak tidak terserang bibit penyakit yang bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangannya kelak. Penyakit yang ditularkan melalui virus merupakan salah satu jenis penyakit yang paling mudah menyerang anak-anak. Salah satu jenis penyakitnya adalah penyakit campak. Penyakit ini memiliki gejala awal yang sangat umum sehingga sangat sulit ditangani secara tepat saat pertama kali gejala muncul. Penyebab campak pada anak yang beragam menyebabkan mudahnya anak terserang oleh penyakit ini. Berikut ini akan penulis paparkan pada pembaca seputar penyebab penyakit yang umum menyerang anak-anak ini untuk bisa dikemudian hari dikendalikan agar si buah hati tidak terserang penyakit tersebut.
Penyebab Campak Pada Anak
Baca Juga : Penyebab Cegukan Yang Tiba-Tiba

Ibu tidak memiliki kekebalan terhadap campak
Umumnya bayi yang masih berusia di bawah lima bulan akan sangat jarang terkena penyakit yang disebabkan oleh virus mobil ini. Hal ini dikarenakan bayi masih aktif mengkonsumsi ASI dan mewarisi sistem kekebalan ibu. Namun, lain halnya jika sang bunda juga tidak memiliki kekebalan terhadap penyakit tersebut, sehingga akhirnya bayi dapat dengan mudah terserang penyakit campak. Media penularan melalui ibu juga bisa dengan mudah menular pada anak.

Anak belum kebal penyakit campak

Campak yang diakibatkan oleh virus mobil bisa menjadi keuntungan tersendiri. Hal ini dikarenakan anak yang pernah mengalami penyakit ini akan memiliki kekebalan seumur hidup pada campak. Oleh karena itulah, boleh jadi penyebab campak adalah karena anak belum memiliki kekebalan terhadap penyakit tersebut. Jalan untuk bisa memperoleh kekebalan tak lain adalah dengan memberikan vaksin campin dalam beberapa pekan imunisasi secara berkala.

Waspada musim pancaroba
Keberadaan suhu dan musim yang sering berganti dapat menyebabkan menurunnya kualitas sistem kekebalan tubuh. Seperti pergantian musim atau pancaroba bisa menjadi pencetus penyebab campak pada anak-anak. Kasus luar biasa campak pada satu daerah juga akan meninggi seiring dengan datangnya musim pancaroba. Oleh karena itulah sebaiknya para bunda cenderung lebih protektif pada buah hatinya terutama saat musim pancaroba menjelang.

Berkontak dengan penderita campak
Ketika anak sudah aktif bergerak mereka akan cenderung bebas mengeksplorasi dunia luar dan menemukan teman seumurannya. Masalah emosi dan pergaulan sosial sebenarnya tidak bisa dihalangi. Oleh karena itulah, ketika salah seorang teman dari anak Anda terserang penyakit campak, maka akan mudah pula buah hati Anda tertular penyakit tersebut. Penyebab campak seperti ini juga bisa menyerang anak remaja dengan rentang usia 19-21 tahun atau lebih yang seharusnya mendapatkan imunisasi kedua atau lanjutan untuk mendapatkan kekebalan penyakit campak. Penyakit campak sangat mudah menular hanya dengan kontak dengan air ludah dan cairan tubuh lainnya dari penderita.

Itulah beberapa penyebab campak pada anak yang patut diwaspadai karena resiko tertularnya campak kian membesar dengan banyaknya media penularan penyakit ini. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.