Berbeda dengan Contoh Soal UTS Seni Budaya Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 bagian pertama sampai dengan soal UTS SBK bagian kedua (soal nomor 11-25) yang berbentuk pilihan ganda, soal penilaian tengah semester satu SBK kelas 10 K13 bagian ketiga atau terakhir berbentuk essay dengan soal dimulai dari nomor 26.
26. Jelaskan yang dimaksud dengan musik Nusantara!
Jawaban: Musik Nusantara adalah seluruh musik yang berkembang di Nusantara ini, yang menunjukkan atau menonjolkan ciri keindonesiaan, baik dalam bahasanya maupun gaya melodinya.
27. Sebutkan ciri dari angklung!
Jawaban:
Angklung merupakan alat musik yang terbuat dari bambu dengan ciri-ciri sebagai berikut.
a. Bertangga nada diatonik.
b. Tempo lagu antara lambat dan sedang.
c. Instrumen ini terbuat dari bambu, seperangkat angklung merupakan instrumen yang berbeda-beda ukuran, satu pemain memainkan satu instrumen dan satu nada.
d. Berfungsi sebagai hiburan.
28. Sebutkan beberapa fungsi dari seni musik tradisional!
Jawaban: Sarana hiburan, sarana ekspresi diri, sarana komunikasi, pengiring tarian, dan sarana perbaikan ekonomi.
29. Sebutkan instrumen yang ada pada gambang kromong!
Jawaban: Instrumen dalam gambang kromong, yaitu biola, rebab, suling, bonang, gambang kayu, gong, gendang, dan kecrek.
30. Jelaskan apa itu talempong!
Jawaban: Talempong adalah alat musik yang dipakai di Sumatra Barat.
31. Jelaskan yang dimaksud dengan seni rupa terapan!
Jawaban: Seni terapan atau applied art adalah cabang seni rupa yang pembuatannya didasarkan pada aspek nilai guna dalam kehidupan manusia sehari-hari, namun begitu tetap mempertimbangkan aspek keindahan. Berikut yang termasuk seni terapan, yaitu seni kerajinan dan seni grafis.
32. Sebutkan teknik pembuatan seni rupa!
Jawaban: Teknik pembuatan seni rupa, yaitu handmade, mekanik, dan komputer.
33. Sebutkan jenis-jenis dari hue!
Jawaban:
a. Primer, yaitu warna pokok: merah, kuning, dan biru.
b. Sekunder, yaitu percampuran antara dua warna primer: hijau, ungu, dan jingga.
c. Intermediet, yaitu percampuran antara warna primer dengan warna sekunder: merah ungu, kuning ungu, biru ungu, kuning hijau, dan biru hijau.
d. Tersier, yaitu percampuran antara warna sekunder dan intermediet.
e. Kuarter, yaitu percampuran warna intermediet dengan warna tersier.
34. Jelaskan yang dimaksud pola tebar dalam membatik!
Jawaban: Biasanya berupa motif-motif kecil yang diletakan dengan jarak tertentu. Motif dapat diletakan searah, dua arah, atau ke semua arah dengan pola tertentu.
35. Sebutkan syarat tanah yang cocok untuk bahan keramik!
Jawaban:
a. Butiran tanah halus.
b. Plastisitas.
c. Homogeni.
d. Bebas dari gelembung udara.
e. Bersih tanpa kotoran.
f. Daya susut tidak lebih dari 10%.
36. Jelaskan fungsi musik dalam meningkatkan kecerdasan!
Jawaban: Otak manusia dibagi menjadi dua bagian, yaitu right hemisphere (otak kanan) dan left hemisphere (otak kiri). Keseimbangan dua bagian otak tersebut dapat mempengaruhi kecerdasan manusia. Otak kiri merupakan pusat pengendali fungsi intelektual seperti daya ingat, bahasa, logika, perhitungan, daya analisis, dan pemikiran konvergen. Otak kanan berdasarkan kepada spontanitas dan pengendalian fungsi mental yang melibatkan intuisi, sikap, emosi, hubungan ruang dan dimensi, gambar, musik dan irama, gerak dan tari, serta pikiran divergen. Musik dijadikan sebagai alat penyeimbangan otak kiri dan kanan. Daya estetis musik dapat dimanfaatkan sebagai penambahan intelegensi (IQ).
37. Sebutkan peranan musik tradisional Nusantara!
Jawaban:
a. Sebagai kebanggaan bagi daerah tersebut yang mencerminkan kekayaan budaya dengan karakter dan ciri khas yang berbeda dengan daerah lain.
b. Sebagai media ekspresi dan komunikasi sosial budaya dalam masyarakat tersebut.
c. Sebagai motivasi untuk melestarikan dan mencintai budaya daerah sebagai bagian dari budaya nasional.
38. Sebutkan ciri-ciri gamelan Bali!
Jawaban:
a. Irama relatif cepat.
b. Nada cenderung tinggi.
c. Memiliki harmoni yang kompleks.
d. Jenis instrumen lebih sedikit daripada gamelan Jawa.
e. Kecuali kempul, semua pemukul tidak memiliki peredam.
f. Instrumen bernada rendah dinaikan nadanya, seperti gender atau gong diganti kempul.
g. Berfungsi sebagai musik pengiring tari, teater tradisional, upacara religi, serta sebagai hiburan.
39. Sebutkan ciri-ciri talempong!
Jawaban:
a. Bertangga nada diatonik.
b. Harmoni kontrapunk dengan irama relatif cepat.
c. Instrumen terdiri atas saluang, serunai, talempong, gendang, ketipung, gong, rebana, gitar, biola, dan terompet.
d. Berfungsi sebagai hiburan, pengiring lagu, tari, teater tradisional (randai).
40. Sebutkan jenis-jenis angklung!
Jawaban:
a. Angklung kanekes, dikenal pula dengan nama angklung Badui.
b. Angklung Gubrak, berasal dari kampung Cipiding kecamatan Cigudeg.
c. Angklung Dogdog lonjor, berasal dari masyarakat Banten Selatan.
d. Angklung Bodeng difungsikan sebagai media dakwah dalam penyebaran agama Islam.
e. angklung Buncis, difungsikan sebagai media hiburan.
41. Siapa pelopor seni lukis modern Indonesia?
Jawaban: Raden Saleh.
42. Jelaskan pengertian tekstur!
Jawaban: Tekstur adalah nilai raba dari suatu permukaan.
43. Jelaskan perbedaan seni murni dan seni terapan!
Jawaban: Seni murni adalah karya seni yang dibuat sebagai hasil ekspresi untuk dinikmati keindahan. Sedangkan seni terapan adalah karya seni rupa yang dibuat untuk dimanfaatkan bagi kebutuhan manusia namun tetap mempertahankan nilai kesenangan atau keindahannya.
44. Sebutkan fungsi individual dari seni!
Jawaban: Fungsi individual seni dibedakan menjadi dua, yaitu fungsi fisik dan emosional.
45. Sebutkan unsur-unsur dalam seni rupa!
Jawaban: Garis, bidang, bentuk, ruang, warna, gelap terang, dan tekstur.
Lanjut ke soal setelah penilaian tengah semester SBK => Contoh Soal PG Seni Budaya Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part-5
Home /
Bank Soal /
Seni Budaya SMA /
Contoh Soal UTS Seni Budaya Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Part-3
Contoh Soal UTS Seni Budaya Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Part-3
Posted by
Momod ads.id
at
02.28.00
Tags :
#Bank Soal
#Seni Budaya SMA
Related : Contoh Soal UTS Seni Budaya Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Part-3
Next
« Prev Post
« Prev Post
Previous
Next Post »
Next Post »