Contoh Soal Penjas Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban (Essay) Part-10 - Melanjutkan postingan soal essai penjaskes kelas 11 semester genap K13 bagian ke-9 (soal nomor 96-115), bagian ke-10 berisikan materi yang sama, yaitu soal tentang kebugaran jasmani, senam lantai, dan gerak berirama, dengan pertanyaan dimulai dari nomor 116 berikut ini.
116. Bagaimanakah gerakan tes angkat tubuh untuk putra untuk mengukur kebugaran jasmani?
Jawaban: angka badan hingga dagu melewati palang kemudian turunkan kembali seperti pada sikap permulaan namun siku sedikit ditekukan.lakukan selama 60 detik.
117. Sebutkan tiga manfaat dari kelincahan!
Jawaban: manfaat kelincahan, antara lain sebagai berikut.
a. mengoordinasikan gerakan-gerakan berganda (stimulasi)
b. mempermudah penguasaan teknik-teknik tinggi
c. mempermudah orientasi terhadap lawan dan lingkungan
118. Jelaskan yang dimaksud dengan second flight!
Jawaban: second flight atau layangan kedua yaitu gerakan yang dimulai saat tolakan tangan pada peti atau kuda-kuda loncat hingga pada gerak pendaratan.
119. Apa yang anda ketahui tentang tahap inti senam ritmik?
Jawaban: gerakan inti di dalam senam ritmik terdiri dari beberapa gerakan seperti melompat, memutar badan, gerakan inti dalam senam ritmik bermanfaat untuk melatih kekuatan otot dan kekuatan tubuh, melatih kelentukan dan kelenturan tubuh, melatih kelincahan tubuh, dan mengkoordinasikan gerakan otot-otot tubuh dn persendiaan.
120. Sebutkan langkah-langkah gerakan inti pada senam irama!
Jawaban: berikut langkah dalam melakukan kegiatan inti.
a. Tangan ditekuk ke atas lalu kemudian diayun-ayunkan ke atas dan ke bawah.
b. Tangan kanan ditekuk dan diayun-ayunkan ke atas serong kanan dank e atas serong ke kiri secara bergantian.
c. kedua tangan ditekuk secara horizontal di depan dada dan ditarik ke belakang kemudian ditarik lagi ke depan dada.
d. Tangan ditekuk secara vertikal kemudian di sejajarkan dengan dada lalu kedua tangan ditarik ke belakang dan ditarik lagi sejajar dengan dada.
e. tangan kanan diluruskan juga kanan kiri ditekuk diarahkan ke kanan lalu kaki kanan diangkat ketika jatuh ditumpu oleh ujung kaki kanan dan sebaliknya.
f. Kedua telapak tangan ditekuk diayunkan ke depan dan kaki kanan di langkahkan ke belakang secara bersamaan dan sebaliknya.
g. tangan kanan ditekuk diarahkan di depan perut sedangkan tangan kiri ditekuk diarahkan ke belakang perut dan kaki kiri diangkat dan dijatuhkan ditumpu oleh ujung kaki dan sebaliknya.
121. Mengapa setiap orang mengiginkan kebugaran jasmani?
Jawaban: karena kebugaran jasmani memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Berikut manfaat yang diperoleh dari kebugaran tubuh.
a. meningkatkan sirkulasi darah dan sistem kerja jantung
b. meningkatkan stamina dan kekuatan tubuh menjadi lebih energik.
c. memiliki kemampuan pemulihan organ-organ tubuh secara tepat setelah latihan.
d. memiliki respon tubuh yang cepat.
122. Sebutkan lima bentuk latihan untuk meningkatkan kecepatan!
Jawaban: bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kecepatan antara lain sebagai berikut.
a. lari cepat dengan jarak 40-60 meter
b. lari dengan mengubah-ubah kecepatan (mulai lambat semakin lama semakin cepat)
c. lari naik bukit
d. lari menuruni bukit
e. lari menaiki tangga gedung
123. Dalam melakukan tes kebugaran jasmani lari 60 meter, ada kriteria tertentu dimana pelari bisa diulang pelaksanaannya. Tuliskan keadaan yang memungkinkan pelaksanaan lari tersebut diulang!
Jawaban: lari masih bisa diulang apabila terjadi hal-hal sebagai berikut.
a. pelari mencuri start
b. pelari tidak melewati garis finish
c. pelari terganggu dengan pelari yang lain.
124. Sebutkan peralatan dan fasilitas yang dibutuhkan dalam pelaksanaan tes kebugaran jasmani!
Jawaban: alat dan fasilitas yang dibutuhkan untuk tes kebugaran jasmani adalah sebagai berikut.
a. lintasan lari atau lapangan yang datar tidak licin
b. stopwatch
c. bendera start dan tiang pancang
d. nomor punggung/dada
e. palang tunggal
f. papan berskala dengan ukuran 30x150 cm dan berwarna gelap
g. serbuk kapur
h. penghapus
i. lembar pencatatan hasil tes dan alat tulis
125. Terangkan gerakan gantug siku putri untuk mengukur kebugaran jasmani!
Jawaban: dengan bantuan tolakan kedua kaki, peserta melompat ke atas dan samping mencapai siku bergantung siku tekuk, dagu berada di atas palang tungga. Sikap tersebut dipertahankan selamamungkin.lamanya waktu saat bergantung tersebut dicatat sebagai hasil.
126. Apa saja peralatan yang dibutuhkan untuk lari jauh?
Jawaban: lapangan, bendera start, peluit, stopwatch, nomor dada, tanda/garis start dan finish, dan lembar pencatat hasil.
127. Apakah tujuan melakukan aktivitas lari menaiki bukit untuk kebugaran jasmani?
Jawaban: adapun tujuan menaiki bukit untuk kebugaran jasmani, yaitu mengembangkan kekuatan dinamis juga bisa dikembangkan dengan lari di air, pasir, atau lapangan yang empuk.
128. Apakah yang dimaksud kelincahan?
Jawaban: kelincahan merupakan kemampuan untuk mengubah arah secara cepat tanpa menimbulkan gangguan pada keseimbangan.
129. Sebutkan perlengkapan tes lari cepat jarak 60 meter!
Jawaban: lari cepat dengan jarak 60 meter memerlukan perlengkapan sebagai berikut:
a. lintasan yang lurus, datar, rata, tidak licin, dan berjarak 60 meter.
b. bendera start, peluit, stopwatch, serbuk kapur, formulir test, dan alat tulis.
130. Sebutkan peralatan yang diperlukan untuk melakukan aktivitas shuttle run!
Jawaban: stopwatch, pancang, pita pengukur, dan kapur atau pita untuk membuat lintasan lari dengan lebar 1,2 meter dan panjang lintasan 5 meter. Tempat pelaksanaan tes harus datar dan lurus.
Lanjut ke soal nomor 131-150 => Contoh Soal Penjas Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban (Essay) Part-11
Home /
Bank Soal /
Penjas Orkes SMA /
Contoh Soal Penjas Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban
(Essay)Part-10
Contoh Soal Penjas Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban (Essay)Part-10
Posted by
Momod ads.id
at
04.22.00
Tags :
#Bank Soal
#Penjas Orkes SMA
Related : Contoh Soal Penjas Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban (Essay)Part-10
Next
« Prev Post
« Prev Post
Previous
Next Post »
Next Post »