Kenali 3 Penyebab Ulkus Agar Lambung dan Usus Anda Tetap Sehat

Penyebab Ulkus harus Anda ketahui dari sekarang jika Anda tak ingin gangguan lambung tersebut menyerang Anda dalam waktu yang dekat. Ulkus adalah salah satu gangguan pada organ pencernaan yang harus Anda waspadai karena jika Anda mengabaikannya, dikhawatirkan penyakit ulkus ini akan memberikan akibat yang fatal. Penyakit ulkus ini ternyata tak hanya terdiri dari satu macam saja karena penyakit ulkus ini bisa terjadi di dua tempat, yaitu pada lambung dan usus 12 jari.
Penyebab Ulkus
Baca Juga : Penyebab Udun

Sebelum Anda mengetahui penyebab ulkus ini, ada baiknya Anda mengetahui dulu macam-macam penyakit ulkus. Yang pertama, ulkus peptikum, yaitu penyakit ulkus yang disebabkan oleh asam lambung dan getah pencernaan yang berhasil melukai lambung dan usus dua belas jari. Ketika ulkus menyerang, maka Anda akan mendapati luka berbentuk bulat pada lambung atau usus 12 jari Anda. Kedua, ulkus duodenalis, yaitu ulkus yang paling banyak ditemukan di daerah usus 12 jari, tepatnya di atas usus halus bagian atas atau tepat di bawah lambung. Ketiga, ulkus gastrikum, yaitu ulkus yang jarang ditemukan pada organ pencernaan dan biasanya ulkus ini terdapat di lengkungan atas lambung.
Cedera
Penyebab ulkus, salah satunya adalah cedera. Cedera disini mungkin dimaksudkan Anda pernah menjalani operasi usus. Misalnya, Anda pernah tertusuk oleh pisau dan Anda diharuskan untuk menjalani operasi pada bagian perut. Kemudian, usus Anda yang sobek karena tusukan pisau akan dijahit oleh dokter yang mengoperasi Anda.  Namun, ternyata saat jahitan tersebut tidak sempurna, hal tersebut bisa saja memicu adanya ulkus di organ pencernaan Anda.
Tekanan Penyakit Berat
Penyebab ulkus selanjutnya adalah tekanan yang Anda rasakan saat Anda mengidap penyakit. Ketika Anda memiliki penyakit, pastilah Anda akan mengalami stress berat. Mungkin, Anda khawatir jika Tuhan akan mengambil nyawa Anda sewaktu-waktu. Atau, Anda stres karena penyakit yang Anda derita tak kunjung sembuh. Keadaan psikis tersebut tentunya akan mempengaruhi kerja organ-organ pada tubuh Anda. Kerja organ akan terganggu akibat stress yang Anda alami. Salah satu akibatnya akan dirasakan oleh organ pencernaan. Asam lambung atau getah lambung tak lagi bisa diproduksi dengan normal. Jika itu terus-terusan terjadi bisa menyebabkan luka pada lambung atau usus Anda. luka itulah yang bisa menyebabkan ulkus.
Pola Makan yang tidak teratur
Berhati-hatilah saat Anda tak pernah mau makan dengan teratur karena bahaya yang mengancam organ pencernaan Anda akan semakin besar. Misalnya, ketika Anda makan hanya satu atau dua kali sehari, maka makanan yang harus dicerna oleh organ-organ pencernaan pun hanya dalam jumlah yang sedikit. Saat taka da lagi makanan yang bisa dicerna, maka asam lambung yang dihasilkan bisa saja menyebabkan luka pada lambung atau pada organ pencernaan lain, seperti usus. Luka-luka yang semakin membesar itulah yang bisa menyebabkan ulkus. Semoga informasi tentang penyebab ulkus di atas bermanfaat bagi para pembaca.