Penyebab Rambut Beruban yang Membuat Anda Tidak Merasa Percaya Diri

Penyebab Rambut Beruban - Tumbuhnya rambut putih tidak hanya bagi orang yang sudah berusia tua, namun juga dapat terjadi ketika masih berusia muda. Tentu saja keadaan tersebut membuat Anda kurang percaya diri. Tumbuhnya uban membuat Anda tampak menjadi lebih tua. Anda pasti akan merasa kaget ketika mendapati uban pada sisir Anda. Berbagai macam cara pastinya akan Anda lakukan untuk menyamarkan uban pada rambut Anda. Dari cara yang alami hingga cara menggunakan bahan kimiawi seperti semir rambut. Daripada Anda harus bersusah payah melakukan treatment untuk menyamarkan uban, lebih baik Anda menghindari penyebab rambut beruban.  Banyak sekali hal yang menyebabkan tumbuhnya uban dalam waktu yang cepat.
Beberapa hal yang menyebabkan rambut beruban antara lain:
Penyebab Rambut Beruban
Baca Juga : Penyebab Rematik
Kekurangan vitamin B12
Vitamin B12 merupakan vitamin yang sangat penting untuk menghambat pertumbuhan uban. Vitamin tersebut dapat diperoleh dengan rajin mengkonsumsi ikan, daging, dan telur. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12, maka dapat membuat rambut Anda terlihat lebih sehat dan terawat. Tentu saja dengan kondisi tersebut, Anda akan lebih merasa percaya diri. Penyebab rambut beruban karena kekurangan vitamin B12 dapat diatasi dengan cara rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin tersebut.

Stres
Kondisi stres yang berkepanjangan dapat membuat rambut menjadi beruban. Kondisi tersebut akan membuat jiwa Anda merasa tertekan dan akan membuat kondisi tubuh Anda semakin buruk. Stres dapat terjadi karena Anda terlalu memikirkan sebuah persoalan yang menurut Anda rumit dalam memecahkannya, termasuk kondisi rambut Anda. Penyebab rambut beruban mengganggu produksi melanin pada rambut. Melanin tersebut dihasilkan oleh melanosit. Dengan tidak terbentuknya zat tersebut, maka rambut lama kelamaan akan kehilangan pigmen alaminya, sehingga rambut akan menjadi beruban.

Asupan Gizi yang tidak seimbang
Kurangnya asupan gizi yang tidak seimbang juga menjadi penyebab rambut beruban. Tanpa kita sadari makanan yang kita konsumsi mungkin tidak termasuk dalam kategori gizi yang seimbang. Padahal gizi juga merupakan suatu hal yang dibutuhkan oleh rambut. Nutrisi yang diperoleh melalui makanan juga ditransfer ke dalam rambut. Jika nutrisi dari makanan tidak tercukupi, secara tidak langsung nutrisi rambut juga akan berkurang. Oleh karena itu, Anda harus menjaga dan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi agar semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dapat tercukupi dengan baik. Termasuk nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut.

Faktor genetic
Factor genetic atau keturunan juga menjadi penyebab rambut beruban. Gen merupakan substansi hereditas yang membawa kode genetic. Kode genetic terdapat di dalam kromosom yang terdapat di dalam tubuh manusia. Terdapat gen yang menyebabkan rambut beruban. Kode genetic tersebut dapat diturunkan kepada generasinya. Meskipun tidak terlihat secara langsung, namun kode genetic tersebut dapat diturunkan secara resesif bukan dominan.