Beberapa Penyebab Hepatitis B yang Harus Diperhatikan

Penyakit hepatitis B - merupakan sebuah penyakit yang terjadi pada organ hati berupa peradangan. Masa inkubasi dari penyakit ini yaitu 60 sampai dengan 90 hari. Hepatitis B termasuk dalam kategori penyakit yang menular. Dengan demikian, Anda harus berhati-hati apabila anggota keluarga Anda terjangkit penyakit tersebut. Penyebab hepatitis B memang harus benar-benar diperhatikan agar Anda terhindar dari penyakit tersebut. Pencegahan yang biasanya dilakukan yaitu dengan memasukkan vaksin hepatitis B pada tubuh. Sehingga di dalam tubuh Anda sudah terdapat antibody yang kuat untuk mencegah datangnya penyakit tersebut. Gejala awal yang muncul apabila terkena penyakit hepatitis B yaitu mata dan juga kulit tampak menguning. Jika gejala tersebut terjadi, maka Anda harus mengkonsultasikannya dengan dokter agar mendapatkan perawatan yang intensif.
Penyebab Hepatitis
Baca Juga : Penyebab Hernia

Penyebab hepatitis B yang benar-benar harus diperhatikan yaitu:

Virus
Virus merupakan penyebab utama yang mengakibatkan penyakit hepatitis B. virus masuk dalam family Hepadnaviridae. Virus tersebut disebut sebagai virus hepatitis B. Virus tersebut masuk dalam kategori virus DNA. Bentuk virus yaitu sangat kompleks dan memiliki 2 lapisan partikel yaitu partikel dane. Partikel yang terdapat pada virus dapat dengan cepat menginfeksi tubuh. Apalagi jika antibody pada tubuh yang rendah, akan menyebabkan virus akan lebih menginfeksi tubuh.

Bahan Kimia Berbahaya
Bahan kimia sebagai penyebab hepatitis B memang harus diwaspadai. Beberapa bahan kimia memang dapat membahayakan kesehatan tubuh, termasuk dapat menyebabkan hepatitis B. Macam- macam zat kimia berbahaya yang menyebabkan penyakit hepatitis antara lain: chlorpromazine, karbon tetrachloride, dan chloroform. Ada pula zat kimia yang digunakan dalam obat-obatan yang dapat mengakibatkan hepatitis B. Oleh karena itu, Anda harus memahami kandungan apa saja yang terdapat dalam obat yang sering Anda konsumsi. Tentu saja efek tersebut akan diperoleh jika mengkonsumsi obat-obatan dalam jangka waktu yang panjang. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari penyakit tersebut.

Gangguan pada metabolisme organ hati
Gangguan metabolisme tentunya akan sangat mempengaruhi kinerja dari organ tersebut, termasuk apabila terdapat gangguan pada organ hati. Terjadinya gangguan metabolism dapat terjadi karena adanya kerusakan pada jaringan di organ tersebut. Penyebab hepatitis B karena gangguan metabolisme akan membuat organ hati tidak lagi dapat bekerja optimal. Hal tersebut akan mengakibatkan efek yang buruk bagi kesehatan. Apalagi jika kerusakan sudah terlalu parah dan sulit untuk disembuhkan, maka hati tidak lagi dapat melakukan perombakan sel darah merah.

Semua penyebab hepatitis B tersebut harus dihindari agar Anda terhindar dari penyakit hepatitis B. Jika Anda merasa sudah terdapat gejala terjadinya penyakit tersebut pada tubuh Anda, maka Anda harus segera melakukan pemeriksaan intensif ke dokter agar penyakit yang Anda derita dapat segera di atasi dengan cepat.