Empat Penyebab Tekanan Darah Tinggi Yang Paling Berkontribusi

Penyebab Tekanan Darah Tinggi Yang Paling Berkontribusi - Masalah angka kematian di seluruh dunia semakin meningkat. Fenomena memilukan tersebut sejak dahulu kala sampai dengan sekarang selalu menjadi fokus utama organisasi kesehatan dunia, yaitu WHO. Pada hari kesehatan dunia tahun 2013 lalu WHO mengumumkan penyakit 10 besar di seluruh dunia. Dan penyakit yang menduduki peringkat pertama di dunia itu adalah penyakit Hypertensi. Penyakit yang lebih dikenal di Indonesia dengan sebutan tekanan darah tinggi ini setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Walaupun penyebab tekanan darah tinggi secara spesifik belum diketahui, namun ada empat faktor yang turut berkontribusi, diantaranya:
 
Penyebab Tekanan Darah Tinggi
Baca juga : Penyebab Tekanan Darah Rendah
Usia
Faktor ataupun penyebab tekanan darah tinggi bisa terjadi ialah karena faktor usia. Usia memang tidak bisa dibohongi, semakin usia bertambah, maka semua sistem yang ada di dalam tubuh juga akan menurun produktivitasnya. Khususnya di Negara berkembang seperti Indonesia ini, jumlah penderita tekanan darah tinggi atau hypertensi memang didominasi oleh lansia. Orang yang sudah berusia diatas 50 tahun memang sangat rentan terkena penyakit darah tinggi. Hal ini dikarenakan terjadinya pengerasan pada pembuluh darah utama jantung yang semakin menjadi ketika usia semakin bertambah.
Pola Hidup Tidak Sehat
Penyebab tekanan darah tinggi yang berikutnya ialah berkaitan dengan pola hidup yang dilakukan. Setelah tadi membahas faktor usia, tidak menutup kemungkinan pada usia muda mengalami atau mengidap penyakit serupa dengan orang yang lanjut usia yaitu tekanan darah tinggi. Kebiasaan hidup yang salah menjadi faktor pendorongnya. Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, mengkonsumsi minuman yang mengandung alcohol ataupun bersoda, dan kebiasaan buruk lainya akan semakin meningkatkan resiko terkena penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi pada usia muda.
Faktor Keturunan
Penyebab tekanan darah tinggi yang ketiga adalah faktor keturunan. Karena penyakit hypertensi atau darah tinggi ini tergolong penyakit degenerative. Penyakit yang termasuk ke dalam degenerative memang sangat sulit untuk dicegah, karena sel-sel penyakit tersebut sudah pasti akan diwariskan dari orang tua kepada anak-anaknya. Sehingga harus lebih berhati-hati bagi mereka yang memiliki orang tua dengan riwayat penyakit tekanan darah tinggi, karena bukan tidak mungkin atau hampir sudah bisa dipastikan akan dialami oleh anak-anaknya.
Berat Badan Berlebih
Apabila ada orang yang mengatakan bahwa memiliki badan besar atau gemuk merupakan indikasi kesehatan. Namun, hal itu semua tidak semuanya benar, karena kebanyakan orang yang memiliki berat badan berlebih akan lebih tinggi resikonya untuk terserang penyakit ganas semisal hypertensi. Timbunan lemak di sekitar perut, pinggul dan paha merupakan penyebab tekanan darah tinggi bagi orang yang memiliki badan berlebih. Oleh karena itu, upayakan untuk selalu mengontrol berat badan secara rutin supaya berat badan berada dalam taraf normal.