Ragam Faktor Penyebab Tekanan Darah Rendah

Penyebab Tekanan Darah Rendah - Darah merupakan cairan yang kaya akan oksigen yang sangat diperlukan oleh tubuh sebagai bahan bakar dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Keberadaan darah bagi kehidupan manusia sangatlah penting, karena darah merupakan bagian tubuh yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan. Keseimbangan darah tentunya sangat berkaitan dengan tekanan darah. Dan yang perlu diketahui bahwa tekanan darah masing-masing orang berbeda satu sama lain. Tekanan darah yang bisa dikatakan normal adalah 120/80 mmHg dan juga ada ahli yang mengatakan tekanan darah yang normal adalah 115/75 mmHg. Dan apabila tekanan darah lebih rendah dari angka normal bisa menyebabkan darah rendah. Dan penyebab tekanan darah rendah juga sangat beragam.

Penyebab Tekanan Darah Rendah
Baca juga : Penyebab Tipes
Kehamilan
Penyebab tekanan darah rendah yang pertama adalah faktor kehamilan. Faktor dimana seorang perempuan yang sedang mengandung janin didalam rahimnya ini, akan mendorong sistem peredaran darah berkembang secara cepat selama fase kehamilan. Dan akibat dari perkembangan peredaran darah tersebut, menyebabkan tubuh harus lebih ekstra memperbaharui darah yang sudah usang menjadi darah yang baru. Dan kondisi perbaikan tersebut biasanya tekanan darah akan turun 5 – 10 mmHg. Walaupun gejala seperti ini bisa dikatakan wajar saat fase kehamilan, tetap saja harus menjadi kewaspadaan semua orang.
Jantung
Penyebab tekanan darah rendah yang kedua adalah terjadi masalah pada organ jantung. Organ yang paling vital di dalam tubuh manusia ini memiliki tugas untuk memompa darah baik yang masuk ataupun keluar jantung untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Dan apabila terjadi masalah pada organ jantung, yang mengakibatkan kinerja jantung berkurang maka kondisi tubuh akan kekurangan pasokan darah sangat bisa terjadi. Dan pokok permasalahan pada organ jantung yang mengalami masalah ini biasanya terletak pada katup jantung yang sudah melemah.
Dehidrasi
Penyebab tekanan darah rendah yang berikutnya adalah disebabkan oleh tingkat dehidrasi yang akut. Dehidrasi itu sendiri merupakan istilah bagi tubuh yang kehilangan banyak cairan. Dan efek negative dari tubuh yang kehilangan cairan ialah bisa menyebabkan lemah, pusing, bahkan tidak sadarkan diri. Pada dasarnya tubuh manusia didominasi oleh air. Prosentase kadar air di dalam tubuh juga hampir menyentuh angka 90%. Dan hal-hal yang bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan ialah seperti diare akut, terlalu sering mengkonsumsi diuretic, dan olah raga yang berlebihan.
Kehilangan Darah
Penyebab tekanan darah rendah yang terakhir adalah kehilangan darah dalam jumlah yang sangat banyak. Kehilangan banyak darah yang paling umum terjadi ialah karena cedera besar, proses persalinan, atau juga akibat pendarahan internal. Dengan semakin banyak darah yang keluar dari tubuh, maka tubuh akan semakin kekurangan pasokan darah. Dan hal ini akan mengakibatkan tekanan darah menjadi menurun secara drastis.