Wajib Tahu, 6 Penyebab Migrain Tiba-Tiba

Penyebab Migrain - Sakit kepala sebelah atau migrain seringkali dianggap hal yang sepele yang kemudian hanya diatasi dengan mengkonsumsi obat pereda sakit kepala saja. Padahal, migrain bisa menjadi pertanda bahwa sedang terdapat kelainan dalam tubuh terutama pada susunan sel saraf pusat atau otak Anda. Sinyal yang kemudian ditunjukkan dengan sakit kepala sebelah ini tidak bisa dianggap enteng karena jika berkelanjutan atau berulang dalam jangka waktu yang lama maka bisa merupakan sinyal berbahaya dari dalam tubuh kita. Oleh karena itulah, berikut ini penulis akan memaparkan penyebab migrain yang wajib Anda ketahui yang bisa berpotensi merupakan tanda bahaya dari dalam tubuh Anda.

Penyebab Migrain
Baca Juga : Penyebab Lemah Jantung
Pengaruh makanan dan minuman yang dikonsumsi
Anda pasti tidak pernah menyangka bahwa penyebab migrain salah satunya adalah berasal dari apa yang Anda konsumsi. Bahan makanan seperti keju, cokelat, makanan yang diasinkan, kacang-kacangan, dan buah sitrus bisa menyebabkan migrain. Beberapa jenis minuman seperti yang banyak mengandung kafein yang berlebihan dan minuman beralkohol juga dapat memicu timbulnya sakit kepala sebelah. Selain itu, jenis masakan yang mengandung banyak pengawet seperti monosodium glutamat dan pemanis buatan aspartam bisa menyebabkan migren.
Perubahan kadar hormonal
Untuk sebagian wanita, penyebab migrain sering dikaitkan dengan perubahan hormonal di dalam tubuh sebelum, saat, dan sesudah menstruasi. Oleh karena alasan inilah, penderita migrain jauh lebih beresiko wanita dibandingkan dengan pria.  Selain menstruasi, peristiwa yang melibatkan hormon (esterogen) seperti menopause, kehamilan dan pemakaian alat kontrasepsi hormonal bisa menyebabkan terjadinya migrain.
Stres
Stres merupakan alasan global yang bisa menimbulkan migrain siapapun bisa terserang stres dan begitu pula untuk masalah migrain. Semakin berat pikiran seseorang, maka akan semakin cenderung terserang migrain.
Keadaan lingkungan
Keadaan lingkungan yang bisa menjadi penyebab migrain diantaranya seperti terdapat bau yang menyengat (bau parfum, bahan bakar, sampah, dan lain-lain), tersorot cahaya yang menyilaukan, terlalu sering melihat lampu kerlap-kerlip dan melihat satu obyek yang membingungkan dapat menjadi pencetus sakit kepala sebelah ini.

Kurang asupan magnesium
Beberapa penelitian meyakini bahwa kekurangan asupan magnesium dalam tubuh dapat meningkatkan resiko terjadinya migrain. Magnesium sangat erat kaitannya dengan fungsi sistem saraf yang kemudian sangat berhubungan pula dengan penyebab migrain. Ketika Anda merasakan sakit kepala sebelah, akan ada baiknya jika Anda mengkonsumsi bahan makanan yang banyak mengandung magnesium seperti kentang, bayam, dan lain-lain atau bahkan dari suplemen makanan tambahan magnesium.

Keturunan
Migrain juga bisa diturunkan berdasarkan keturunan. Ketika Anda mendapati satu keluarga yang sering mengalami migrain, bisa jadi migrain yang Anda derita merupakan bagian dari warisan keluarga Anda.
Itulah 6 penyebab sakit migrain atau sakit kepala sebelah yang perlu Anda ketahui yang bisa dia paparkan oleh penulis. Ketika rasa nyeri di kepala terasa sangat menyiksa dan mengganggu akan ada baiknya jika Anda segera memeriksakan kondisi kesehatan Anda pada dokter. Semoga dapat bermanfaat.