Pengapuran Sendi, Penyebab Radang Sendi Ini Patut Diwaspadai

Penyebab Radang Sendi - Hampir semua orang mungkin pernah mengalami radang ataupun nyeri sendi, oleh sebab itu banyak orang yang penasaran mengenai penyebab radang sendi itu sendiri. Selama ini banyak yang beranggapan bahwa penyakit yang berhubungan dengan nyeri sendiri yaitu penyakit reumatik dan juga asam urat. Pada kenyataannya kedua penyakit tersebut memang mampu memberikan efek nyeri pada sendi, tetapi tidak semua radang sendi diakibatkan oleh kedua penyakit tersebut. Selain itu, kolesterol dan juga osteoporosis juga sering dianggap sebagai penyakit radang sendi.
Penyebab Radang Sendi
Baca Juga : Penyebab Rambut Beruban

Penyebab radang sendi sebenarnya yaitu:
Usia diatas 45 tahun
Seseorang yang telah berusia 45 tahun ke atas memiliki resiko untuk terkena radang sendi. Terutama pada bagian lutut dan juga pinggul, pada bagian tersebut terdapat pengapuran. Pengapuran sendi adalah kondisi dimana tulang rawan mulai menipis. Tulang rawan sendiri berfungsi untuk melapisi ujung tulang pembentuk sendi agar sendi dapat bergerak secara bebas tanpa ada rasa nyeri. Oleh sebab itu, jika tulang rawan menipis maka ujung tulang yang membentuk sendi akan saling bertemu serta bergesekan secara langsung dan mengakibatkan peradangan sendi.

Penipisan tulang rawan sendiri bukan hanya karena faktor usia, tetapi tergantung dari kondisi orang tersebut. Faktor resiko yang dapat mengakibatkan pengapuran sendi yaitu:
  • Usia lebih dari 45 tahun
  • Memiliki berat badan yang berlebih
  • Memiliki aktifitas yang berlebihan setiap harinya akibat profesi atau pekerjaan juga dapat menjadi penyebab radang sendi karena pengapuran
  • Mengalami kelemahan otot paha
  • Pernah menderita patah tulang pada area sekitar sendi dan dalam masa perawatannya kurang tepat
  • Hal-hal tersebutlah yang menjadi faktor yang menyebabkan pengapuran sendi.
  • Usia di bawah 45 tahun
Seseorang yang berusia di bawah 45 tahun juga dapat menderita radang sendi, penyebab radang sendi ini yaitu karena adanya aktifitas fisik yang berlebihan ataupun adanya cedera akibat olahraga. Wanita mempunyai kecenderungan yang lebih tinggi untuk menderita penyakit ini, yaitu berhubungan dengan hormon estrogen. Terlebih lagi bagi wanita yang telah memasuki masa menopause. Selain itu, wanita juga memiliki bentuk pinggul yang lebih lebar dibanding laki-laki sehingga memaksa tulang kaki untuk menopang berat badan yang berlebih akibat menumpuknya lemak pada bagian pinggul.

Penyebab nyeri sendi lainnya yaitu akibat pergerakan tubuh yang kurang teratur, yaitu terlalu berlebihan ataupun malah kurang beraktivitas sehingga sendi kurang bergerak. Untuk mengatasi radang sendi, sebaiknya lakukanlah latihan fisik secara teratur agar dapat melenturkan sendi dan membuat sendi menjadi lebih kuat serta sehat. Berjalan kaki, bersepeda, lari, senam aerobik dan juga berenang dapat menjadi latihan yang baik untuk tulang sendi Anda. Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab radang sendi, semoga dapat memberikan manfaat bagi Anda semua.