Penyebab Gusi Bengkak, Tanda Kerusakan Pada Mulut

Penyebab Gusi Bengkak - Gusi merupakan salah satu komponen dalam mulut yang sangat mempengaruhi kesehatan mulut Anda. Gusi pada umumnya berwarna pink, hal ini dikarenakan pada gusi terdapat banyak sekali pembuluh darah kecil. Gusi yang sehat akan memuat mulut Anda tetap sehat dan fresh. Salah satu malah yang sering kali timbul pada gusi yaitu pembengkakan pada gusi. Gusi yang bengkak ini ditandai dengan berubahnya warna gusi dari merah muda atau pink menjadi merah. Sering kali gusi bengkak ini juga mengeluarkan darah, dan yang paling parah gusi bisa menutupi semua gigi. Pembengkakan pada gigi dapat mengakibatkan bau mulut yang tidak sedap dan sakit yang luar biasa pada gusi. Penyebab gusi bengkak dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya:
Penyebab Gusi Bengkak
Baca Juga : Penyebab Flu Singapura

Kebersihan mulut
Faktor utama penyebab gusi bengkak adalah tidak terjaganya kesehatan mulut. Mulut merupakan sarang berkembang biak bakteri yang dapat merusak gigi dan juga gusi. Setiap hari mulut pasti mengunyah makanan, setiap kali makan tentunya ada sisa-sisa makanan yang terselip pada mulut. Sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan ini akan menjadi sarang kuman dan bakteri dan dapat menyebabkan gusi menjadi bengkak. Menyikat gigi secara rutin dua kali sehari merupakan hal wajib agar terhindar dari masalah mulut baik masalah kesehatan gigi, gusi, dan bau mulut.

Kekurangan vitamin
Penyebab gusi bengkak yang selanjutnya yaitu kekurangan vitamin. Kekurangan vitamin C juga dapat menjadikan gusi menjadi bengkak. Vitamin C sangat bermanfaat untuk tetap menjaga kesehatan mulut termasuk kesehatan gusi. Kekurangan vitamin C dapat menyabarkan gusi menjadi bengkak dan dapat menimbulkan sariawan. Selain itu, kekurangan folat dan juga vitamin B juga bisa membuat gusi menjadi bengkak. Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C merupakan salah satu solusi untuk mencegah gusi bengkak.

Behel
Sekarang ini memakai behel atau kawat gigi sudah menjadi trend dan gaya anak muda, pemasangan behel yang tidak tepat bisa menyebabkan gusi menjadi bengkak. Behel atau kawat gigi bisa menyebabkan iritasi pada gusi dan membuat gusi menjadi bengkak.

Hamil
Penyebab gusi bengkak yang terakhir yaitu hamil. Pada masa kehamilan pada satu sampai dua bulan pertama sirkulasi darah dalam tubuh menjadi tidak lancar. Berbagai gangguan mulut seperti sariawan, gusi bengkak, gusi berdarah, dan berbagai masalah mulut lainnya.

Berbagai penyebab gusi bengkak jika diamati sebagian besar terjadi bukan karena faktor dari luar tapi faktor dari dalam tubuh kita. Menjaga kesehatan mulut adalah hal wajib yang harus dilakukan agar terhindar dari berbagai masalah mulut. Mungkin banyak orang yang masih meremehkan dalam menjaga kesehatan mulut, ketika mengalami masalah pada mulut baru merasakan betapa menderitanya mengalami masalah pada mulut. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mulut dengan rutin menggosok gigi dan makan makanan yang dapat meningkatkan kesehatan gigi merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh setiap orang.