Penyebab Encok Yang Wajib Anda Ketahui Serta Cara Menangani Dengan Baik

Penyebab Encok - Berikut ini akan dibahas mengenai penyakit encok mulai dari ciri-ciri encok, penyebab encok serta cara menanganinya dengan baik dan tepat. Rasa nyeri sendi, sendi kaku, sendi bengkak dan juga sendi panas merupakan ciri-ciri penyakit encok. Encok adalah penyakit yang diakibatkan oleh penumpukan kristal asam urat yang ada di jaringan ikat, yaitu di ruang antara 2 tulang ataupun pada tulang itu sendiri. Penumpukan asam urat tersebut dihasilkan dari pemecahan purin, dimana zat ini dapat diperoleh dari berbagai jenis makanan. Jika kandungan asam urat terlalu banyak maka ginjal sudah tidak mampu lagi menghilangkannya melalui urin dan mengakibatkan encok.
Penyebab Encok
Baca Juga : Penyebab Epilepsi

Berikut ini adalah penyebab encok yang dapat Anda ketahui agar Anda lebih waspada akan penyakit encok:
  • Obesitas ataupun kelebihan berat badan adalah salah satu faktor yang dapat menjadi penyebab terkena encok. Dimana seseorang yang memiliki berat badan yang berlebih akan memiliki banyak jaringan yang dapat dipecah ataupun berganti. Hal inilah yang memicu peningkatan produksi asam urat dalam tubuh.
  • Minum alkohol. Alkohol pada dasarnya memang tidak baik untuk kesehatan. Terlalu banyak meminum alkohol akan membuat perjalanan asam urat menjadi terganggu dan akhirnya sulit untuk dikeluarkan dari tubuh.
  • Gangguan pada enzim. Jika terdapat gangguan yang menyerang salah satu enzim dalam tubuh maka dapat membantu pemecahan purin. Sedangkan purin sendiri banyak dikandung oleh berbagai jenis makanan dan hal ini dapat menjadi penyebab encok.
  • Konsumsi obat tertentu. Obat tertentu seperti salisilat, levodopa, cyclosporine dan juga obat diuretik adalah obat tertentu yang juga dapat menyebabkan encok.
  • Faktor genetik. Walaupun tidak terlalu besar, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa faktor genetik juga merupakan salah satu penyebab encok.
Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan penyakit encok, jika tubuh terasa terkena encok maka sebaiknya lakukan langkah berikut:
  • Perbanyak minum air putih, air putih akan membantu tubuh untuk mengeluarkan asam urat berlebih bersama urin.
  • Hindari makanan dan minuman yang dapat menyebabkan asam urat meningkat. Diantaranya yaitu bir, alkohol, ikan sarden, teri, melinjo, ragi, telur ikan, jamur, bayam, kembang kol, kaldu dan juga hati.
  • Menjaga berat badan agar tidak berlebihan dengan melakukan olahraga secara teratur. Memiliki berat badan lebih juga merupakan salah satu penyebab penyakit encok.
  • Konsultasi kepada dokter juga dapat dilakukan agar lebih mudah dalam masa penyembuhannya.

Encok atau juga yang sering disebut asam urat bukanlah penyakit rematik. Encok adalah gangguan yang terjadi pada metabolisme pengeluaran asam urat dalam darah sedangkan reumatik adalah gangguan autorium. Sekian yang dapat disampaikan mengenai penyakit encok mulai dari ciri-ciri, penyebab encok serta cara menanganinya. Semoga sedikit ulasan ini dapat bermanfaat bagi Anda semua.