Penyebab Demam dan Cara Mengatasinya

Penyebab Demam - Jangan pernah menganggap demam merupakan gangguan kesehatan yang sepele. Tidak jarang penyebab demam tersebut sebenarnya adalah awal penyakit tertentu. Umumnya, penyebab demam adalah serangan virus influenza atau pilek. Tapi, ada kemungkinan demam tersebut juga merupakan gejala awal penyakit lainnya. Jadi, ketika Anda merasa demam pada tubuh, sebaiknya Anda segera menjaga kondisi tubuh untuk tetap fit dan minum multivitamin. Cara ini hanya sekedar upaya untuk menjaga kondisi fisik tetap prima untuk melawan virus. Anda harus tetap memeriksakan ke dokter supaya mendapat penjelasan lebih jelas.
    
Penyebab Demam
Baca Juga : Penyebab Diare
Penyakit demam biasanya dirasakan dalam waktu 1-2 hari. Kemudian, setelah itu baru muncul gejala lain yang mengarah ke jenis penyakit tertentu. Sehingga, demam bisa diindikasikan keadaan tubuh yang sedang melawan penyakit tertentu. Jika kondisi tubuh tidak fit, maka antibody tidak bisa melawan penyakit tersebut, misalnya jika demam tersebut adalah akibat serangan virus flu. Maka dari itu, setelah demam sembuh akan muncul  gejala hidung berair dan bersin-bersin. Dengan demikian penyakit demam bisa jadi pertanda adanya penyakit lainnya. Penyebab demam tersebut bisa menjadi tanda penyakit seperti berikut ini:

Infeksi Radang Kandung Kemih
Ketika Anda buang air kecil yang ditandai dengan rasa perih dan sakit, maka ini bisa menjadi tanda gejala infeksi saluran air seni atau kandung kemih. Infeksi lainnya bisa dirasakan pada saluran pernafasan di tenggorokan. Demam tersebut disertai sakit di tenggorokan, ini menjadi tanda adanya radang tenggorokan akibat udara yang tidak bersih. Penyebab demam lainnya adalah infeksi sinusitis, yaitu adanya kelainan pada selaput sinus didekat saluran hidung.

Infeksi Virus Berbahaya
Kita sering mendengar adanya virus berbahaya yang bisa mengakibatkan kematian. Virus itu biasanya berasal dari hewan atau virus yang dibawa dari luar negeri. Misalnya Virus Flu Burung, Virus SARS, atau yang saat ini sedang booming yaitu virus Ebola. Penyebab demam bisa saja karena salah satu dari serangan virus tersebut. Maka dari itu, kita tidak boleh memandang remeh jika kita merasakan demam. Apalagi jika sampai berhari-hari tidak sembuh.

Upaya Pencegahan Demam
Upaya pencegahan bisa dilakukan sebagai pertolongan awal jika merasakan demam. Ketika penyebab demam mulai menyerang tubuh kita, ada beberapa upaya pencegahan awal seperti berikut ini:

Memakai masker
Ketika musim kemarau atau pada saat rawan ada virus berbahaya, sebaiknya gunakan masker. Pakailah pada saat Anda beraktivitas dan keluar rumah, sebab serangan virus bisa melawati udara yang ada di sekitar kita.

Minum air putih
Mengkonsumsi air putih yang banyak merupakan salah satu upaya pencegahan penyakit demam, termasuk pada gejala demam. Cara ini menjadi upaya pencegahan alami penyebab demam. Air putih mengandung elektrolit untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima.

Kiranya cukup sekian ulasan kami seputar menjaga kesehatan dalam menanggulangi gejala demam. Semoga bermanfaat untuk kesehatan keluarga dan Anda sendiri.