Gejala dan Penyebab Usus Buntu

Penyebab Usus Buntu - Usus buntu merupakan salah satu bagian dalam usus yang keberadaannya sangat pening dalam menjaga pencernaan dalam tubuh. Usus buntu sering diartikan sebagai sebuah penyakit padahal ini merupakan salah satu organ dalam usus. Yang dimaksud selama ini dengan usus buntu adalah penyakit yang menyerang usus buntu. Penyakit ini biasanya terjadi karena usus buntu mengalami peradangan dan penyumbatan. Penyebab usus buntu yang paling utama adalah adanya penyumbatan pada bagian usus buntu tersebut sehingga membuat penderitanya merasa sakit dan tidak enak badan. Penyebab dan gejala dari penyakit usus buntu ini akan dibahas dalam tulisan ini. 
Sebelum melangkah ke penyebab usus buntu, mari kita kenali terlebih dahulu apa saja gejala dari penyakit usus buntu atau Appendicitis ini. Ada beberapa gejala yang bisa Anda kenali apakah Anda terkena penyakit usus buntu atau tidak. Gejala usus buntu yang pertama yaitu gatal dan nyeri yang dirasakan di sekitar perut terutama di perut bagian kanan. Karena usus buntu terletak di bagian kanan perut. Mungkin gejala ini masih dianggap remeh, tapi sakit yang diperut akan semakin parah dan dapat menyebabkan tidak hanya usus buntu saja tapi juga penyakit gangguan lainnya. Nyeri atau sakit pada perut ini bisa ditandai dengan rasa kebas jika di pegang perutnya. Selain itu, mual juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit usus buntu.
Setelah mengenal apa saja gejala dari usus buntu, mari kita pelajari apa saja penyebab usus buntu ini. 

1. Penyumbatan
Penyebab usus buntu yang pertama yaitu penyumbatan pada usus buntu. Penyumbatan ini bisa terjadi karena makanan yang dimakan ataupun benda asing yang masuk dalam tubuh. Memakan biji-bijian bisa membuat usus tersumbat hal ini tidak benar, hal ini mungkin saja terjadi jika Anda mengkonsumsi bijinya dan tidak dibarengi dengan mengkonsumsi sayuran dalam jumlah yang banyak dan waktu yang lama. 

2. Infeksi usus buntu
Usus buntu juga terjadi bisa karena infeksi. Infeksi ini biasanya terjadi karena usus buntu mengalami peradangan ataupun karena infeksi bakteri lainnya. Infeksi yang terjadi pada usus buntu bisa jadi disebabkan oleh pembengkakan pada usus. 

3. Bakteri pada Usus
Penyebab yang terakhir yaitu karena bakteri. Bakteri yang biasanya menyebabkan penyakit pencernaan yaitu bakteri E Coli. Bakteri ini tidak hanya bisa merusak sistem pencernaan tapi juga bisa mengganggu kesehatan usus buntu. 

Usus buntu merupakan penyakit yang tidak bisa dibilang tidak berbahaya, penyebab usus buntu bisa terjadi karena Anda kurang dalam menjaga kesehatan pencernaan. Untuk mencegah hal ini Anda tentunya harus menjaga kesehatan Anda sendiri dengan menjaga menerapkan pola hidup yang sehat dan banyak makan makanan yang banyak mengandung serat dan seimbang untuk tubuh.