4 Penyebab Xerostomia

Penyebab Xerostomia - Xerostomia merupakan gejala kelainan pada area sekitar mulut dan lidah. Penyebab xerostamia tidak timbul akibat adanya penyakit atau efek dari penyakit lain. Xerostomia lebih identik dengan kelainan yang bisa ditandai dengan munculnya gejala. Kelainan ini bukan pula merupakan suatu penyakit, Sehingga kelainan pada sistem saraf dan rongga mulut ini tidak terlalu berbahaya. Tetapi jika tidak ditangani dengan baik juga cukup mengganggu kenyamanan. Kelainan xerostomia bisa menimbulkan efek samping pada penderitanya, seperti produksi air liur yang menjadi sedikit.

Penyebab Xerostomia
Baca juga : Penyebab Wanita Tidak Bisa Hamil

Gejala xerostomia merupakan kelainan kondisi mulut kering akibat mininya air liur di dalam mulut. Hal ini disebabkan kelenjar penghasil air liur yang tidak bisa menghasilkan air liur seperti biasanya. Bahkan, ada beberapa kasus yang tidak bisa menghasilkan air liur sama sekali. Padahal, air liur mempunyai fungsi alam membantu proses pencernaan makan yang kita konsumsi. Penyebab xerostomia bisa diketahui dari beberapa faktor, seperti pada uraian penyebab di bawah ini:

Alergi dan efek samping obat-obatan 
Pasti penyebab ini belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Obat-obatan mempunyai kandungan bahan kimia maupun alami yang sering digunakan untuk obat. Banyak jenis obat-obatan yang dikonsumsi bisa membawa efek samping berupa mulut kering. Kondisi ini disebabkan oleh kelenjar air liur yang tidak bekerja maksimal akibat efek samping kandung obat. Penyebab xerostomia dari efek samping obat-obatan menjadi sumber yang paling dominan dari timbulnya gejala xerostomia. Jenis obat-obatan tersebut bisa dijumpai pada obat pereda sakit, anti depresi dan obat flu.

Komplikasi dan Infeksi
Ada beberapa penyakit yang bersumber karena efek samping ari penyakit lain, misalnya pada penyakit diabetes, darah rendah, leukimia, darah tinggi san sebagainya. Penyakit lain yang berbahaya seperti HIV dan AIDS juga bisa menimbulkan gejala xerostomia. Penyakit ini bisa menimbulkan fungsi antibody menyerang kelenjar air mata dan siliva.

Dehidrasi 
Penyebab xerostomia juga bisa ditimbulkan dari efek dehidrasi pada tubuh kita. Ketika tubuh membutuhkan cairan yang banyak untuk memenuhi cairan tubuh ketika beraktifitas, maka hal ini bisa menimbulkan xerostomia karena dehidrasi. Oleh sebab itu, kita harus mencukupi kebutuhan air putih yang cukup dan kalau bisa malah lebih dari cukup. Karena manfaat air putih sangat banyak termasuk untuk antioksidan dan kandungan mineral pada air putih.

Operasi kelenjar ludah
Operasi kelenjar ludah sering diakibatkan karena adanya pembengkakan pada kelenjar ludah. Hal ini biasanya disebabkan karena adanya kanker pada tenggorokan. Jika pengobatan sudah tidak mampu untuk mengatasi pembengkakan, maka operasi pengangkatan kelenjar luah menjadi opsi terakhir. Tapi ada efek sampingnya yaitu tidak adanya produksi air liur akibat kelenjar ludah penghasil air liur sudah diangkat.

Demikianlah 4 hal penyebab xerostomia yang sering menyebabkan keadaan mulut menjadi kering. Semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk Anda dan keluarga.