Kenali Penyebab TBC Mulai Sekarang Agar Anda Tidak Mati Sia-Sia Karena Tuberculosis

Penyebab TBC perlu Anda ketahui dengan jelas supaya Anda tidak terserang penyakit pernapasan yang berbahaya ini. TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri tuberculosis. Penyakit ini biasanya menyerang organ pernapasan manusia. Penyakit ini juga dapat dikategorikan menjadi penyakit yang berbahaya karena penyakit ini bisa menular melalui udara. Tak heran, jika banyak penderita TBC yang merasa terisolasi karena perlengkapannya tidak boleh tersentuh oleh orang lain jika tidak ingin tertular. Tak hanya itu saja, perawatan penyakit ini terbilang susah dan ribet karena penderita TBC harus mau mengkonsumsi obat selama 6 bulan. Jika ia lupa mengkonsumsi obat sekali saja, maka pengobatan harus diulang dari awal.
Penyebab TBC
Baca Juga : Penyebab Sakit Mata

Selain itu, gejala TBC juga terbilang mengerikan karena jadi Anda harus bisa mewaspadainya. Gejala TBC yang pertama adalah batuk berdahak yang disertai dengan keluarnya darah. Kedua, merasa nyeri pada bagian dada dan sesak napas. Ketiga, mengalami meriang dan demam lebih dari satu bulan. Keempat, keluarnya keringat pada malam hari tanpa sebab yang jelas. Kelima, badan menjadi lemah dan lesu. Keenam, penurunan berat badan karena nafsu makan menurun. Setelah Anda mengetahui gejala TBC, maka Anda perlu mengetahui juga penyebab TBC supaya Anda bisa melakukan pencegahan.

Infeksi Paru-Paru
Penyebab TBC yang sering terjadi adalah infeksi paru-paru. Paru-paru adalah salah satu organ tubuh yang terbilang vital. Paru-paru ini bertugas mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Oksigen biasanya diedarkan ke seluruh tubuh oleh darah. Sehingga, ketika paru-paru mengalami gangguan, tak heran jika Anda sering memuntahkan darah. Untuk itu, ketika Anda tahu bahwa Anda mengalami gangguan pada paru-paru Anda, tak ada salahnya Anda mewaspadai tuberculosis hinggap di tubuh Anda.

Daya Tahan Tubuh yang Lemah
Penyebab TBC yang lain adalah daya tahan tubuh penderita yang lemah. Ketika Anda adalah orang yang rentan, pastilah Anda akan mudah terkena penyakit. Bakteri tuberculosis banyak terdapat di udara yang Anda hirup. Mungkin, saat Anda dalam keadaan sehat, bakterituberculosis yang Anda hirup tidak akan berpengaruh pada paru-paru Anda. Namun, berbeda saat Anda dalam keadaan tidak sehat, maka daya imun Anda tak bisa melemahkan zat-zat asing yang masuk dalam tubuh. Itulah sebabnya, tuberculosisbisa masuk dengan mudah ketika tubuh dalam keadaan tidak fit.

Kurang Gizi
Penyakit TBC bisa juga disebabkan karena kurangnya nutrisi pada tubuh Anda. Nutrisi dibutuhkan tubuh agar tubuh memiliki energi. Energy yang cukup pastinya akan membuat tubuh bekerja secara optimal. Ketika tubuh bekerja secara maksimal, maka daya tahan tubuh terhadap penyakit juga kuat. Namun, saat asupan nutrisi pada tubuh kurang, maka tubuh tidak bisa bekerja dengan baik. Alhasil, hal tersebut juga berpengaruh pada daya tahan tubuhnya. Ketika gizi tidak tercukupi, daya tahan menurun, maka tuberculosis bisa masuk dalam tubuh Anda setiap saat. Semoga informasi tentang penyebab TBC di atas bermanfaat bagi para pembaca.