Ingin Organ Pencernaan Baik-Baik Saja, Waspadai Penyebab Usus Lengket

Penyebab Usus Lengket - Bisakah Anda bayangkan jika Anda memiliki usus yang lengket? Pastilah dalam benak Anda akan membayangkan bagaimana mengerikannya jika usus satu sama lain saling melekat. Yang pastinya Anda tahu, Anda akan mengalami gangguan pencernaan, perut Anda akan sakit atau nyeri, dan mungkin usus lengket juga bisa menyebabkan kematian Anda, meskipun dalam jangka panjang. Namun, apa sebenarnya factor yang menjadi penyebab usus lengket? Jika Anda penasaran dengan sebab-sebab lengketnya salah satu organ pencernaan tersebut, simak informasinya berikut ini.
Penyebab usus lengket
Baca Juga : Penyebab Ulkus

Infeksi Usus
Penyebab usus lengket salah satunya adalah infeksi pada usus. Ketika Anda mendengar kata infeksi pastinya infeksi tersebut disebabkan oleh beberapa hal, misalnya bakteri, kuman, jamur atau hal yang lainnya. Nah, dalam kasus ini adalah infeksi pada usus. Usus yang lengket bisa disebabkan karena infeksi yang telah ada dalam organ pencernaan. Dapat Anda ambil contoh, tubuh pastinya memiliki sampah yang harus dibuang ke luar tubuh dan sampah yang dimaksud adalah sisa-sisa hasil makanan. Pada orang normal, feses akan dibuang keluar oleh tubuh melalui anus. Tetapi, bagi orang yang mengalami infeksi usus, ususnya bisa saja menumpuk kotorannya pada usus buntu sehingga membuat usus menjadi lengket.

Bekas Operasi yang Kurang Bersih
Penyebab usus lengket yang kedua adalah sisa bekas operasi organ pencernaan. Mungkin, sebagian orang mengira jika seseorang yang mengalami gangguan pada organ pencernaannya dan mereka telah memutuskan untuk melakukan operasi, maka penyakit yang diderita akan dapat sembuh. Namun, ternyata perkiraan Anda bisa salah karena jika operasi usus tidak benar dilakukan dengan baik, malah bisa menyebabkan usus menjadi lengket. Misalnya, ketika melakukan operasi usus, dokter kurang bersih dalam membersihkan usus. Kotoran-kotoran yang masih bersarang dalam usus inilah yang akan memicu lengketnya usus satu dengan usus lainnya.

Pendarahan pada Usus
Penyebab usus lengket selanjutnya adalah pendarahan pada usus. Ketika Anda mendengar kata darah saja, mungkin Anda akan merinding. Apalagi jika Anda mendengar pendarahan pada usus, pastilah Anda menganggap hal tersebut menjadi satu hal yang mengerikan. Pendarahan pada usus bisa terjadi karena infeksi usus atau benda tajam yang mengenai usus. Jika pendarahan tersebut tidak segera ditangani atau Anda malah tidak tahu bahwa terjadi pendarahan pada usus, maka pendarahan usus tersebut bisa memicu lengketnya usus Anda.

Pemindahan Usus
Mungkin ketika Anda mendengar kata pindahan, Anda sudah tidak kaget jika itu pindahan rumah atau memindahkan barang. Namun, jika yang dipindah adalah usus, bisakah Anda membayangkannya? Pemindahan usus biasanya dilakukan pada orang yang tertusuk parah atau orang yang terkena kanker usus. Pemindahan usus tersebut pastinya bertujuan agar system pencernaan bisa kembali berjalan dengan normal. Namun, tahukah Anda bahwa pemindahan atau pemotongan usus atau pergantian usus ternyata menjadi salah satu factor lengketnya usus. Maka dari itu, berhati-hatilah bagi Anda yang pernah menjalani operasi usus, jangan sampai Anda mendapati usus Anda menjadi lengket. Semoga informasi tentang penyebab usus lengket di atas bermanfaat bagi para pembaca.