Ini Dia Faktor Penyebab Mimisan Pada Anak

Penyebab Mimisan Pada Anak - Mimisan pada anak merupakan suatu kondisi dimana terjadinya pendarahan kecil yang keluar melalui lubang hidung. Ada banyak faktor penyebab mimisan pada anak yang biasanya terjadi secara tiba-tiba. Jika pendarahan yang terjadi masih terbilang ringan, maka Anda tidak perlu khawatir. Apalagi jika Anak Anda masih bisa bergerak aktif, tidak disertai dengan demam dan masih terlihat sehat. Mimisan ini memang seringkali terjadi pada anak-anak dan orang tua sendiri masih banyak yang belum mengetahui penyebabnya secara pasti. Sehingga tak jarang membuat para orang tua panik ketika melihat anaknya mimisan.
Biasanya, penyebab mimisan pada anak sendiri tidaklah disebabkan oleh masalah yang serius. Apalagi jika mimisan yang terjadi hanya sesekali saja dan tidak begitu sering. Akan tetapi, orang tua perlu waspada jika mimisan sering terjadi pada anak Anda. Jika itu terjadi, maka Anda harus segera memeriksakannya ke dokter. Apalagi jika mimisan terjadi setelah anak mengalami benturan dan semacamnya. Namun, sebelum kita berbicara panjang lebar mengenai mimisan ada baiknya kita membahas apa saja penyebab mimisan yang terjadi pada anak-anak.
Penyebab Mimisan Pada Anak
Baca Juga : Penyebab Migrain

Lalu, bagaimana mimisan bisa terjadi pada anak-anak? Berikut ini penyebab mimisan pada anak:

Selaput lendir dan pembuluh darah tipis.
Anak-anak sebenarnya memiliki selaput lendir dan pembuluh darah yang masih tipis. Sehingga, kondisi anak-anak masih sangat rentan dan sensitif apalagi jika terkena udara yang terlalu panas atau dingin, terjadi benturan ringan, ataupun sering mengorek hidungnya maka terjadilah mimisan. Kemungkinan mimisan ini terjadi karena pembuluh darah dan selaput lendir menjadi kering bahkan sampai retak.

Alergi.
Penyebab mimisan pada anak selanjutnya adalah alergi. Alergi bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan anak mimisan. Karena bisa saja anak terkena alergi dingin atau udara berdebu, sehingga mengalami bersin-bersin, batuk atau flu yang menyebabkan mimisan itu terjadi. Nah, solusinya Anda sebagai orang tua bisa mencegah mimisan terjadi pada anak, dengan cara menjauhkan anak-anak dari hal-hal yang membuatnya alergi. Seperti dingin, Anda bisa mengenakan baju hangat pada anak atau dengan mencegah anak dari lingkungan yang berdebu jika mereka alergi terhadap debu.

Infeksi.
Faktor penyebab mimisan yang terjadi pada anak lainnya adalah infeksi. Karena mimisan bisa saja terjadi akibat adanya infeksi di daerah hidung seperti sinus sehingga pembuluh darah menjadi melebar. Sehingga darah akan keluar melalui hidung.

Faktor lainnya
Anak juga bisa terkena mimisan ketika mereka menghirup zat-zat kimia seperti amonia atau faktor-faktor lainnya. Seperti pada pengguna spray hidung atau pada penderita common cold.

Meskipun mimisan ini terbilang tidak begitu berbahaya, tetapi Anda sebagai orang tua harus hati-hati jika frekuensi mimisan pada anak cukup sering terjadi. Hal ini dikhawatirkan anak mengidap penyakit lain yang berbahaya. Oleh karena itu, Anda harus segera memeriksakan buah hati ke dokter. Demikian pembahasan mengenai penyebab mimisan pada anak untuk Anda. Semoga bermanfaat!